Visi dan Misi cara menyusunnya bagaimana?

Mengatur dan mengelola usaha dalam skala dan besar omset seberapapun tentu membutuhkan tata kelola Sumber Daya Manusia yang baik. Tentu saja manajemen SDM ini meliputi serangkaian proses pelatihan, memotivasi, dan mengarahkan karyawan untuk mengoptimalkan produktivitas tempat kerja dan mendorong pertumbuhan profesional. Pemimpin tempat kerja, seperti pemimpin tim, manajer, dan kepala departemen menggunakan manajemen SDM untuk mengawasi alur kerja dan meningkatkan kinerja karyawan setiap hari. Lalu bagaimana caranya agar setiap elemen perusahaan bisa memiliki kesamaan motivasi, budaya dan identitas perusahaan? Tentusaja dengan penentuan Visi dan misi!

VISI DAN MISI ITU SIAPA YANG MENYUSUN?

Mengelola orang merupakan aktivitas yang dimulai oleh pemimpin usaha. Pemimpin terbaik tetap tenang dalam semua situasi sementara manajer terburuk membiarkan emosi mereka mengendalikan perilaku mereka. Jadilah seperti bisnis, keputusan emosional adalah keputusan yang buruk. Oleh karena itu, Perusahaan yang sukses saat ini mmemiliki pernyataan Visi dan Misi yang mampu merangkum manajemen strategi, manajemen sumber daya manusia, produksi, pemasaran, dan manajemen lainnya. 

Seperti halnya manusia yang memiliki agama kepercayaan dan cita-cita dalam hidupnya, mengelola perbedaan dan keberagaman tersebut tentu tidaklah mudah. Menjadi perusahaan juga membutuhkan pedoman arahan yang mirip. Kurangnya arahan cara kerja dan budaya perusahaan yang jelas bisa menghambat pertumbuhan banyak bisnis. Selain arahan, seperti halnya orang, bisnis perlu menetapkan dan mendapatkan tujuan sambil mengetahui bagaimana cara mencapainya.

Visi dan misi wajiblah disusun oleh pendiri perusahaan dan sebaiknya menggambarkan idealisme sipendiri usaha tersebut. Pada saat yang sama, karyawan perusahaan membutuhkan rasa kekompakan agar dapat bekerja bersama secara harmonis. Ide-ide ini dirangkum oleh pernyataan misi dan visi, dan artikel ini membantu menjelaskan perbedaan yang penting untuk dipahami oleh bisnis mana pun. Idealisme berwujud Visi dan Misi bertujuan untuk menyatukan banyak orang agar mau bekerja dan hidup bersama.  

Contohnya negara indonesia yang memiliki keragaman suku-bangsa agama dan pemimpin tetap menggunakan idealisme yang sama, diatur undang-undang dasar dan prinsip pendirian negara yang tidak jauh berbeda, terlepas dari siapa yang jadi presidennya. Walaupun bidang usaha bisa beralih, namun identitas dan budaya Perusahaan pun semestinya konsisten demikian.

VISI DAN MISI CARA MENYUSUNNYA BAGAIMANA?

Pernyataan misi menentukan apa yang sedang dilakukan organisasi, sementara pernyataan visi pada dasarnya adalah tujuan akhir dari apa yang ingin mereka capai. Misi adalah apa yang dilakukan orang untuk mencapai visi. Pernyataan misi juga dapat digunakan sebagai alat manajemen yang bisa berubah ketika keadaan atau kebutuhan perusahaan sudah mencapai target yang ada dimisi sebelumnya. Tugas, tindakan, dan perilaku karyawan semuanya harus berada di bawah misi organisasi.

Mengelola orang agar mau bekerjasama tentu membutuhkan arah dan pedoman kerja yang tepat dan menguntungkan bersama. Pernyataan visi merupakan tujuan yang mungkin sulit dipahami atau tidak, itu bukan cara yang efektif untuk mengarahkan perilaku dan harapan karyawan secara individu terkait aktivitas sehari-hari. Namun, itu memberi karyawan ide tentang apa yang organisasi harapkan untuk capai sebagai sebuah tim. Visi selalu berpikiran maju dan karena itu, tidak dapat digunakan untuk operasi sehari-hari perusahaan.

Perbedaan utama antara pernyataan visi dan misi terletak dari pelaksanaan atau jangka waktu target eksekusi. Secara umum, pernyataan misi menentukan apa yang sedang dilakukan organisasi, sementara pernyataan visi pada dasarnya adalah tujuan akhir dari apa yang ingin mereka capai. Misi adalah apa yang dilakukan orang untuk mencapai visi. Ini adalah bagaimana (misi) versus mengapa (visi). Seringkali, bahasa yang berbeda digunakan oleh perusahaan untuk menggambarkan pernyataan visi dan misi berdasarkan jenis organisasi.  

Perusahaan multinasional yang memiliki anggota dari berbagai suku bangsa dan agama tentunya perlu dipersatukan dengan arah dan identitas yang jelas agar bisa menguntungkan untuk operasional perusahaan itu sendiri.

Mengapa dalam pernyataan misi tidak mencakup strategi dan tujuan perusahaan?

Dari sudut pandang perusahaan, kedua pernyataan ini penting untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhannya. Pernyataan Visi dan Misi memiliki hubungan yang erat dan saling berkaitan. Misi Perusahaan dibuat oleh perusahaan berdasarkan Visi Perusahaan. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa visi adalah akibatnya sedangkan misi adalah penyebabnya. Kedua pernyataan tersebut harus jelas, lengkap, dan benar dalam segala hal karena seluruh masa depan perusahaan bergantung pada keduanya.. Jadi pada dasarnya, Pernyataan Visi dan Misi adalah alat yang digunakan oleh organisasi atau perusahan untuk menetapkan prioritas, membangun kesatuan dan memberikan arahan kepada anggota atau karyawannya.

Pernyataan Misi mendefinisikan bisnis perusahaan, tujuan dan pendekatannya untuk mencapai tujuan tersebut. Pernyataan Visi menggambarkan posisi masa depan perusahaan yang diinginkan. Elemen Pernyataan Misi dan Visi sering digabungkan untuk memberikan pernyataan tentang tujuan, sasaran, dan nilai-nilai perusahaan.

Pernyataan Misi:

Pernyataan Visi:

Pernyataan misi perusahaan adalah pernyataan tentang apa yang mereka lakukan setiap hari. Ini mendefinisikan kegiatan sehari-hari dari pekerjaan mereka dan setiap orang yang bekerja untuk organisasi berkontribusi pada misi itu. Pikirkan itu seperti orang yang menetapkan tujuan harian atau mingguan untuk diri mereka capai. Ini menjelaskan kepada karyawan dan pelanggan apa yang sedang dilakukan saat ini. Ini fokus saat ini dan dapat berubah dengan sangat cepat tergantung pada keadaan pasar bisnis.

Untuk karyawan perusahaan, itu memberi pekerja rasa tujuan tentang nilai pekerjaan mereka. Ini adalah pernyataan luas yang menggambarkan kekompakan sebuah organisasi, bahkan jika mereka melakukan berbagai jenis pekerjaan di masing-masing departemen. Sering kali pernyataan misi sering dimulai dengan pernyataan seperti, “Kami menyediakan …” atau “Kami menawarkan …” atau “Kami adalah …” Pernyataan misi menetapkan kerangka kerja untuk perilaku mereka yang bekerja di perusahaan. Standar kinerja dapat didasarkan pada pernyataan misi perusahaan dan dapat memandu pengambilan keputusan untuk karyawan di berbagai tingkatan perusahaan.

Pernyataan visi adalah pernyataan yang jelas dan pasti tentang apa yang ingin Anda capai, dan seperti apa dunia setelah Anda menyelesaikan misi Anda. Anggap saja sebagai skenario sempurna yang sedang Anda capai. Selain itu, mengetahui apa yang penting dalam komunitas tempat Anda bekerja seringkali sangat penting dalam menyusun pernyataan visi. Berbeda dengan pernyataan misi, pernyataan visi berorientasi masa depan. Ini memberikan rasa tentang apa yang nilai perusahaan bagi mereka baik di dalam maupun di luar perusahaan. Terkadang, beberapa perusahaan akan menggunakan pernyataan visi mereka untuk tujuan hubungan masyarakat.

Karena pernyataan visi digunakan untuk mengarahkan sasaran strategis keseluruhan untuk sebuah perusahaan, mereka cenderung tidak terlalu sering berubah. Setiap tujuan adalah langkah lain menuju pencapaian visi perusahaan secara keseluruhan. Pernyataan visi ditulis dalam present tense tetapi masih melayani masa depan perusahaan. Ketika pernyataan visi dapat dibaca dalam present tense dan akurat, organisasi akan tahu bahwa visi mereka tercapai. Misalnya, pernyataan visi untuk organisasi nirlaba yang bekerja untuk menghilangkan tunawisma dapat membaca, “Semua anak akan hidup di perumahan yang aman dan terjangkau.” Oleh karena itu, memastikan anak-anak dalam keadaan aman, perumahan yang layak adalah tujuan strategis keseluruhan dari nirlaba itu.

Perusahaan apapun bidang usahanya bisa terus berganti karyawan, namun identitas visi yang konsisten dan misi yang terukur tetaplah relatif sama.

Contoh Visi dan Misi Perusahaan Terkenal

Berikut ini adalah beberapa contoh Visi dan Misi Perusahaan-perusahaan terkenal di Indonesia dan Internasional.

Telkomsel

Visi

  • Menjadi penyedia layanan dan solusi gaya hidup digital mobile kelas dunia yang terpercaya.

Misi

  • Memberikan layanan dan solusi digital mobile yang melebihi ekspektasi para pengguna, menciptakan nilai lebih bagi para pemegang saham serta mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.

BCA

Visi

  • Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Misi

  • Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan.

  • Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah.

  • Meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholder BCA.

NIKE

Visi

  • Bring inspiration and innovation to every athlete* in the world.

Misi

  • Create groundbreaking sports innovations, make our products sustainably, build a creative and diverse global team, and make a positive impact in communities where we live and work.

IKEA

Visi

  • To create a better everyday life for the many people.

Misi

  • Offer a wide range of well-designed, functional home furnishing products at prices so low that as many people as possible will be able to afford them.

KESIMPULAN

Perusahaan atau Organisasi yang sukses biasanya akan merangkum tujuan dan sasaran mereka dalam pernyataan visi dan misi. Namun banyak diantara kita yang masih bingung dan sering menyamakan keduanya. Pada dasarnya, pernyataan Misi menggambarkan apa yang ingin dilakukan oleh perusahaan pada saat ini sedangkan pernyataan Visi menjabarkan apa yang diinginkan oleh perusahaan di masa yang akan datang. Dengan kata lain, pernyataan Misi menentukan apa yang sedang dilakukan organisasi, sementara pernyataan Visi pada dasarnya adalah tujuan akhir dari apa yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Jadi dapat dikatakan bahwa pernyataan Misi berfokus pada saat ini (now) yaitu mendefinisikan pelanggan dan proses-proses kritis serta memberitahu kepada kita tentang tingkat kinerja yang diinginkan. Sedangkan pernyataan Visi berfokus pada masa depan (future) yang menjadi sumber Inspirasi dan Motivasi.

Kami sangat berharap agar perusahaan anda mampu menemukan solusi yang bermanfaat secepatnya. Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada12 Juni 2020 @ 8:02 AM

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: