PT. Industri Kapal Indonesia luncurkan Kapal Ferry Ro-Ro GT 500 KMP Sultan Murhum II

PT. Industri Kapal Indonesia meluncurkan Kapal Ferry Ro-Ro GT 500 KMP Sultan Murhum II di wilayah produksi PT. IKI (Persero) pada Rabu kemarin pukul 16.00 WITA hingga 17.30 WITA. Pada peluncurannya, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Bapak Andi Sudirman Sulaiman dan juga perwakilan dari Dirjen Perhubungan Darat, Ses Ditjen Perhubungan darat Bapak Martha Hardi Sarwono, Jajaran Forkopimda Sulawesi Selatan, Pimpinan Perbankan, Pimpinan BUMN & BUMD, dan Pimpinan Perusahaan rekanan PT IKI (Persero).

KMP Sultan Murhum II ini merupakan pesanan langsung dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Lama pengerjaan proyek Kapal KMP Sultan Murhum II adalah selama 16 bulan, terhitung dari bulan September 2020 hingga Desember 2021. Nantinya Kapal KMP Sultan Murhum II ini akan memfasilitasi transportasi penumpang dengan rute pelayaran lintas Kaledupa – Tomia – Binongko.

Kapal KMP Sultan Murhum II Ro-Ro 500 GT yang telah dibuat untuk lintas Kaledupa- Tomia- Binongko ini memiliki nilai kontrak sebesar Rp.39,3,- miliar mampu mengangkut 265 orang penumpang dan 18 ABK. Dengan spesifikasi panjang seluruh 46,80 meter, lebar 12 meter, tinggi 3,7 meter, dan kecepatan dinas 13 knot. 

KMP Sultan Murhum II ini bukanlah produk pertama dari PT. IKI (Persero). Sebelumnya telah diproduksi kapal KMP Takabonerate (Ro-Ro 500 GT) yang melayani rute perjalanan di wilayah Sulawesi Selatan.

Produk IKI berperan dalam pelayaran dan transportasi antar pulau di wilayah maritim Indonesia. Mampu memberikan kontribusi langsung dalam kemajuan moda transportasi laut Indonesia. Harapannya kedepan, produk IKI menjadi unggulan BUMN yang tepat guna dan tepat sasaran” ucap Ibu Diana Rosa selaku Direktur Utama PT. IKI (Persero) saat diwawancarai.

TENTANG PT. IKI

PT Industri Kapal Indonesia (Persero), Makassar. Dimulai sebagai Proyek Galangan Kapal Makassar pada tahun 1963, 100% dimiliki oleh pemerintah Indonesia, didirikan pada tanggal 29 Oktober 1977. Dikenal sebagai PT IKI dan berkantor pusat di Makassar, Sulawesi Selatan. PT IKI adalah galangan kapal terbesar di Indonesia bagian timur dengan galangan di Makassar dan Bitung, Sulawesi Utara. Pemerintah telah menunjuk PT IKI sebagai Pusat Industri Maritim untuk Kawasan Timur Indonesia khususnya untuk Kapal Perikanan, Kapal Penumpang, Ferry (Ro-Ro), Kargo dan industri proyek industri terkait lainnya.

KESIMPULAN

Industri galangan kapal di dalam negeri dinilai memiliki daya saing tinggi karena mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi modern.

Di Metalextra, rencana kerja kami terlaksana karena kami mendengarkan, mengulas, dan menganalisis tantangan dari pelanggan kami. Spesialis kami akan memulai dengan menghabiskan waktu di lantai workshop Anda dan di laboratorium Anda. Kemudian, kami mencari solusi dan menemukan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja presisi ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email: [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  Siaran Pers Kementrian BUMN dan PT Industri Kapal Indonesia (Persero) DESEMBER 2021

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada27 Februari 2020 @ 3:01 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: