PT DAHANA (Persero) mendapatkan sertifikat TKDN bahan peledak

Senior Manajer Legal & Komunikasi Perusahaan DAHANA, Juli Jajuli menyatakan DAHANA berkomitmen untuk mendukung perekonomian Indonesia dengan meningkatkan nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada produk-produk DAHANA. Hal ini ia sampaikan dalam kegiatan Media Gathering bersama jurnalis Subang, Rabu, 12 April 2023.

Dalam Daftar Inventarisasi Barang/Jasa Produksi Dalam Negeri milik P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri), produk-produk DAHANA sudah mendapatkan sertifikat TKDN dan beberapa sedang dalam proses sertifikasi untuk proses pembaruan nilai TKDN produk tersebut. Beberapa produk yang sudah mendapatkan sertifikat, memiliki nilai TKDN yang sangat tinggi seperti Dayagel Seismik 55%, Dabex 73%, Bomb P Series 82%, hingga DANFO 87%.

Kami akan terus berupaya meningkatkan nilai TKDN sebagaimana amanah yang diberikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Menhan Prabowo Subianto yang menekankan pentingnya peningkatan nilai TKDN sejak pertama kali holding Industri Pertahanan Indonesia, DEFEND ID diluncurkan di Surabaya tahun lalu,” ungkap Juli Jajuli.

Sebagaimana diketahui, PT DAHANA merupakan perusahaan bahan peledak kebanggaan masyarakat Indonesia yang bergerak dengan dual use-system selain untuk komersial yaitu pertambangan umum, konstruksi & kuari, serta minyak & gas, DAHANA juga memproduksi bahan peledak untuk kebutuhan-kebutuhan militer.

Produk komersial DAHANA yang memiliki TKDN tinggi seperti Dayagel Seismik (55%) merupakan bahan peledak emulsi dengan struktur water in oil yang digunakan dalam kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi.

Dabex (73%) dan DANFO (87%) merupakan dua bahan peledak DAHANA yang telah menjadi langganan para pengusaha tambang, pemegang proyek konstruksi & kuari yang tersebar seantero Indonesia. Kekuatan daya ledak yang optimal dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, menjadi fitur andalan dari produk ini.

Selain itu, sebagai anggota DEFEND ID, DAHANA telah berhasil membuat bom dengan nilai TKDN tinggi, seperti Bom P Series (82%). Produk ini merupakan bom yang dapat diaplikasikan pada pesawat tempur Sukhoi milik TNI Angkatan Udara. Selain itu, DAHANA juga sedang meningkatkan kandungan lokal produk detonator dan dalam proses penyelesaian pabrik amonium nitrat, sehingga ke depan, akan lebih banyak lagi produk bahan peledak dan industri pertahanan yang memiliki nilai TKDN di atas 50%,” pungkas Juli

TENTANG PT. DAHANA (Persero)

PT DAHANA (Persero) atau “DAHANA” merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang industri strategis yang menyediakan jasa bahan peledak terpadu untuk sektor Minyak dan Gas Bumi, Pertambangan Umum, Penggalian dan Konstruksi, serta Pertahanan.

Akar sejarah DAHANA sebagai pionir dalam industri ini dapat ditelusuri kembali ke tahun 1966, ketika pemerintah Indonesia, melalui Angkatan Udara Indonesia (AURI), melaksanakan proyek bernama Proyek Menang (Menang Project) di Tasikmalaya, Jawa Barat. Kemudian pada tahun 1973, proyek tersebut resmi diubah menjadi perusahaan publik berdasarkan peraturan pemerintah No. 36/1973 sebelum diubah menjadi perseroan terbatas (PT) pada tahun 1991.

Lini Bisnis DAHANA terus berkembang, antara lain: Explosive Manufacturing, Drilling & Blasting, Related Services, dan Defense Related untuk pelanggan di Indonesia dan Kawasan ASEAN. Produk dan jasa DAHANA digunakan setiap hari oleh berbagai industri di Indonesia, mulai dari pertambangan umum baik logam, mineral, maupun batubara; sektor kuari dan konstruksi seperti penggalian semen, aspal dan andesit; proyek konstruksi seperti bendungan, terowongan, irigasi, pembongkaran bangunan lama, dan pendalaman pelabuhan, sektor migas seperti perforasi selubung sumur minyak, operasi seismik, dan juga operasi militer.

Sebagai pionir dalam industri peledakan dengan reputasi yang dapat diandalkan sebagai produsen bahan peledak dan penyedia layanan peledakan yang komprehensif, DAHANA memenuhi semua tahapan proses peledakan. Di era transformasinya, DAHANA saat ini bertekad untuk mengabdi kepada bangsa lebih baik dari sebelumnya dan menjadi mitra pemerintah dalam mengembangkan industri pertahanan negara.

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan beragam solusi cerdas industri presisi dari alat ukur, inpeksi hingga mesin kerja. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal.

Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  Siaran Pers Kementrian BUMN APRIL 2023

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada28 November 2019 @ 4:29 PM

Tinggalkan Balasan

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: