PT DAHANA (Persero) kembangkan Roket Smokeless Propellant

PT DAHANA (Persero) menunjukkan keseriusannya dalam pengembangan bidang Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista), terutama di bidang peroketan dengan membangun Roket Smokeless Propellant. Uji coba perdana roket tanpa asap itu dilaksanakan di AWR TNI AU, Lumajang, Jawa Timur, Selasa, 28 Desember 2021.

Direktur Teknologi dan Pengembangan DAHANA Suhendra Yusuf RPN menyebutkan, roket besutan anak bangsa ini merupakan roket inovasi pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan dorong tanpa asap (smokeless). Dimana, semua produksi roket dilakukan secara mandiri oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh perusahaan kiblat bahan peledak yang dikelolanya.

“Smokeless Propellant Komposit ini diharapkan mampu dikembangkan pada roket kaliber 70mm atau 80mm serta dapat diintergrasikan dengan warhead cal 70mm yang telah memperoleh sertifikasi sebelumnya sehingga dapat mengurangi ketergantungan impor,” ujar Suhendra.

Selain itu, Suhendra juga menambahkan, smokeless propelan komposit dapat diaplikasikan pada roket-roket lain seperti RHAN 122B dan roket lainnya, sehingga roket-roket produksi DAHANA memiliki kemampuan dorong tanpa asap.

Hingga saat ini, DAHANA telah memproduksi berbagai macam kebutuhan Alutsista seperti, kendaraan peluncur dan propelan untuk RHAN 122B, RHAN 450, Roket Senjata Lawan Tank (SLT), Bomb P Live Series dan produk lainnya.

Usaha DAHANA untuk memenuhi Alutsista, merupakan upaya untuk meminimalisir produk impor, sehingga Alutsista Negara dapat mandiri dalam produksi dan tidak terpengaruh terhadap keadaan eksternal, semisal jika terjadi  embargo. Selain itu, dengan inovasi-inovasi produk pertahanan, DAHANA menopang target Kementerian BUMN dan  Kementerian Pertahanan agar Indonesia masuk ke dalam 50 Industri Pertahanan terbaik dunia.

Suhendra menambahkan, dengan memproduksi Alutsista, hal ini akan membawa keuntungan bagi Negara secara finansial baik dividen maupun peningkatan devisa. Poduk-produk teranyar DAHANA nantinya dapat diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri melalui user TNI dan dijual ke pasar internasional dalam rangka Go Global.

TENTANG PT. DAHANA (Persero)

PT DAHANA (Persero) atau “DAHANA” merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang industri strategis yang menyediakan jasa bahan peledak terpadu untuk sektor Minyak dan Gas Bumi, Pertambangan Umum, Penggalian dan Konstruksi, serta Pertahanan.

Akar sejarah DAHANA sebagai pionir dalam industri ini dapat ditelusuri kembali ke tahun 1966, ketika pemerintah Indonesia, melalui Angkatan Udara Indonesia (AURI), melaksanakan proyek bernama Proyek Menang (Menang Project) di Tasikmalaya, Jawa Barat. Kemudian pada tahun 1973, proyek tersebut resmi diubah menjadi perusahaan publik berdasarkan peraturan pemerintah No. 36/1973 sebelum diubah menjadi perseroan terbatas (PT) pada tahun 1991.

Lini Bisnis DAHANA terus berkembang, antara lain: Explosive Manufacturing, Drilling & Blasting, Related Services, dan Defense Related untuk pelanggan di Indonesia dan Kawasan ASEAN. Produk dan jasa DAHANA digunakan setiap hari oleh berbagai industri di Indonesia, mulai dari pertambangan umum baik logam, mineral, maupun batubara; sektor kuari dan konstruksi seperti penggalian semen, aspal dan andesit; proyek konstruksi seperti bendungan, terowongan, irigasi, pembongkaran bangunan lama, dan pendalaman pelabuhan, sektor migas seperti perforasi selubung sumur minyak, operasi seismik, dan juga operasi militer.

Sebagai pionir dalam industri peledakan dengan reputasi yang dapat diandalkan sebagai produsen bahan peledak dan penyedia layanan peledakan yang komprehensif, DAHANA memenuhi semua tahapan proses peledakan. Di era transformasinya, DAHANA saat ini bertekad untuk mengabdi kepada bangsa lebih baik dari sebelumnya dan menjadi mitra pemerintah dalam mengembangkan industri pertahanan negara.

KESIMPULAN

Metalextra menawarkan beragam solusi cerdas industri presisi dari alat ukur, inpeksi hingga mesin kerja. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal.

Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:  Siaran Pers Kementrian BUMN DESEMBER 2021

Tim Kreatif Metalextra.com, Kesimpulan di tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada28 November 2019 @ 4:29 pm

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: