Mitsutoyo dan Mitutoyo Jepang

Mitsutoyo atau Mitutoyo menjadi pemimpin dunia dalam Metrologi berkelas dunia. Mitutoyo Corporation telah menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dengan menggunakan teknologi terdepan, dan pada saat yang sama telah mempromosikan pendidikan Metrologi yang berkelanjutan sehingga siapa pun yang tertarik dengan teori atau aplikasi alat ukur dapat lebih mengembangkannya. minat. 

Mitutoyo juga mendirikan Institut Metrologi Mitutoyo yang merupakan organisasi pelatihan insinyur pengukuran presisi yang unik. Para insinyur yang terdaftar diharapkan dapat mempelajari penggunaan alat ukur yang benar yang harus memenuhi kebutuhan teknologi yang terus berkembang di bidang produksi.

MITSUTOYO ATAU MITUTOYO?

Saat ini Mitutoyo Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional asal Jepang yang saham kepemilikannya diperdagangkan di bursa efek Jepang. Merek Mitutoyo memang mengkhususkan diri dalam instrumen pengukuran dan teknologi metrologi, yang berkantor pusat di Takatsu-ku, Kawasaki, Kanagawa, Jepang.

Mitsutoyo memang sudah tidak asing lagi bagi setiap ahli mesin maupun mekanik diseluruh dunia. Mitutoyo memang cukup dikenal sebagai produsen alat ukur yang akurat dan bisa diandalkan. 

Nama perusahaan dieja dengan cara “Mitutoyo” Kunrei-shiki / Nihon-shiki. Karena menurut peraturan pemerintah Jepang sebagian besar publikasi dan merek dagang untuk untuk orang asing pada tahun 2000, diwajibkan memerlukan penggunaan romanisasi Hepburn, sehingga nama perusahaan diterjemahkan dalam gaya Hepburn dan dituliskan menjadi “Mitsutoyo”. 

Perusahaan jepang yang lain juga banyak yang mereknya disesuaikan dengan aturan Kunrei-shiki atau kadang dikenal sebagai sistem Monbushō dalam bahasa Inggris karena diajarkan dalam kurikulum sekolah dasar yang disetujui Monbushō dan sesuai dengan standard ISO 3602.

Untuk mendukung inovasi dan daya sumber manusia pelaku teknik, Institut Metrologi Mitutoyo dibuka pada tahun 1975 di Jepang, dan hingga saat ini telah didirikan di delapan negara: AS, Meksiko, Brasil, Singapura, Taiwan, Italia, Inggris, dan Jerman. Institut mempersiapkan kurikulum yang komprehensif, yang terutama terdiri dari sesi latihan, dan menggunakan alat ukur canggih untuk semua sesi latihan, mengambil keuntungan dari sumber dayanya sebagai produsen alat ukur presisi terkemuka. Instruktur penuh waktu dengan pengetahuan dan keahlian yang luas dalam Metrologi memberikan kuliah yang antusias. Seluruh staf Institut menghargai partisipasi antusias dari banyak klien dan mahasiswa dari semua negara.

FILOSOFI MITSUTOYO

“Orang yang mampu harus dibangkitkan terlebih dahulu sebelum sebuah produk dapat diciptakan.” Ini adalah salah satu filosofi yang dianut oleh Yehan Numata, pendiri Mitutoyo Corporation. “Lingkungan bagus, orang baik, teknik bagus.” juga merupakan motto perusahaan di Mitutoyo.

Kesuksesan Mitutoyo menjadi partner dan tulang punggung industri Jepang berawal dari impian dan cita-cita dari pak Yehan Numata (沼 田 恵 1897 April 12 – 1994 May 5) untuk menghasilkan orang yang mampu sebelum menciptakan produk.. Dengan membuat alat ukur mikrometer pertama yang mudah digunakan dan harganya terjangkau di Jepang. 

Mitutoyo didirikan pada 22 Oktober 1934 dengan filosofi yang diperluas dalam beberapa dekade ke depan untuk memasukkan penawaran produk yang lebih luas yang berfokus pada produk pengukur dimensi mekanis, seperti kaliper, indikator dial, dan alat ukur lainnya. Pada saat itu, ada banyak pengrajin jam maupun alat mekanis lainnya yang kesulitan dalam mencari alat ukur untuk sparepart jam maupun sparepart gear mesin kendaraan dan mesin industri. Filosofi Mitutoyo pada waktu itu adalah membuat mikrometer berkualitas tinggi, tetapi juga memproduksinya dengan harga yang terjangkau agar bisa tersedia untuk semua kalangan usaha teknik. Dari bengkel rumahan hingga manufaktur industri besar.

Dalam kehidupan pribadinya, Pak Yehan Numata juga dikenal sebagai pendiri Bukkyo Dendo Kyokai (BDK), Perhimpunan untuk Promosi Agama Buddha, yang mensponsori Proyek Penerjemahan kitab Canon Buddhis di Jepang.

Mitutoyo America Corporation dibentuk pada tahun 1963 dan berkantor pusat di Aurora, Illinois (di luar Chicago). Mitutoyo America menawarkan rangkaian produk lengkap alat, instrumen, dan peralatan pengukur presisi dengan jaringan distribusi, kelas pelatihan dan pendidikan, pengembangan perangkat lunak, dan dukungan layanan untuk menyediakan organisasi metrologi yang komprehensif.

INOVASI MITUTOYO

Saat ini, Mitutoyo menghadirkan 6.000+ produknya sebagai sistem metrologi berbasis komputer yang terintegrasi, di mana mereka dapat saling berhubungan untuk membentuk jaringan pengukuran loop tertutup. Pada 2005, penjualan domestik dan luar negeri tetap mendekati 100 miliar yen.

Ketika teknologi elektronik semakin meluas pada tahun 1970-an, Mitutoyo menerapkan elektronik ke lini peralatan pengukuran dimensionalnya untuk memasukkan alat pengukur elektronik, atau digital. Selama masa ini juga mulai menawarkan instrumen pengukuran yang lebih besar, lebih kompleks dan lebih sensitif, termasuk pembanding optik, peralatan pengukur bentuk, dan mesin pengukur koordinat (CMM). 

Ketika komputer masuk ke bidang metrologi, Mitutoyo kembali menggeser fokusnya untuk memasukkan teknologi ini ke dalam penawaran produknya dan mendorong akurasi pengukuran ke dalam jangkauan sub-mikrometer.

Ketika pengendalian proses statistik (SPC) diperkenalkan, Mitutoyo memimpin dunia dalam pengembangan output gages, antarmuka, pengumpul data, dan perangkat lunak analisis untuk mengambil keuntungan dari ilmu metrologi baru ini.

KESIMPULAN

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. 

Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: 

mitutoyo.co.jp/eng/school/index.html

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada15 Juni 2020 @ 11:40 AM

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: