Menampilkan hasil tunggal

Cacat dalam struktur dan material tentu bisa membahayakan integritasnya yang dapat mengakibatkan kegagalan seperti retak, kebocoran, korosi, penurunan kinerja, dan disintegrasi. Pencegahan dengan memastikan kualitas material atau prevention management tentu perihal yang penting untuk memastikan keamanan struktur produk industri yang memfasilitasi kehidupan manusia sekaligus juga sebagai antisipasi dan perlindungan lingkungan.

FLAW DETECTOR FUNGSINYA APA?

Deteksi cacat dapat diterapkan di hampir semua industri mulai dari komposit dan logam yang digunakan di ruang angkasa, hingga pipa minyak dan gas petrokimia dan tangki penyimpanan, hingga pembangkit listrik termasuk tenaga nuklir. Anomali yang paling umum terdeteksi termasuk retakan, rongga dan porositas pada logam, keramik dan plastik selain delaminasi dan lepasnya ikatan pada komposit.

Flaw detector merupakan metode uji Non-destruktif untuk mengidentifikasi dan mengukur cacat bawah permukaan pada material. Salah satu teknik yang paling umum untuk mengidentifikasi cacat adalah inspeksi dengan menggunakan metode pancaran ultrasonik. Prinsip kerjanya hampir mirip dengan sonar pada kapal maupun USG pada kedokteran yaitu menggunakan Gelombang suara frekuensi ultransound.

Gelombang suara ultrasonic ini yang disebarkan ke material, kemudian digunakan untuk mengidentifikasi anomali tersebut. Pantulan suara frekuensi tinggi tersebut dapat diprediksi saat berinteraksi dengan permukaan dan cacat internal.

ULTRASONIC FLAW DETECTOR JENISNYA APA SAJA?

Detektor cacat ultrasonik digital umumnya merupakan detektor cacat portabel dan berbasis prosesor zaman modern. Mereka terdiri dari bagian-bagian termasuk transduser ultrasonik, perangkat keras & perangkat lunak untuk menangkap sinyal dan menganalisisnya, modul pencatatan data, dan tampilan bentuk gelombang untuk melihat gambar dan grafik. Sinyal ultrasonik yang kembali diproses secara digital melalui instrumen ini untuk mendapatkan hasil yang benar dan tepat.

Cacat yang tidak terdeteksi menimbulkan risiko yang jauh lebih besar bagi industri tertentu seperti di struktur rangka dan chassis otomotif, kedirgantaraan, eksplorasi dan transportasi minyak & gas, pembangkit listrik, dan struktur seperti jembatan dan menara. Selain kapal ini, reaktor, bejana tekan, manufaktur, dan berbagai sektor juga menggunakan peralatan deteksi cacat ultrasonik untuk memeriksa cacat struktural dan integral.

ULTRASONIC FLAW DETECTOR KEUNGGULANNYA APA SAJA?

Keuntungan dari pengujian ultrasonik meliputi:

  • Akses hanya diperlukan dari satu sisi untuk mode gema pulsa

  • Kedalaman penetrasi lebih unggul dari metode lain

  • Ukuran dan bentuk cacat yang sangat akurat

  • Persiapan bagian minimal diperlukan

  • Hasil dalam waktu nyata

  • Detektor cacat portabel modern menafsirkan gema suara khas yang dipantulkan karena anomali dari material yang diuji. Pendeteksi cacat pencitraan memberikan kemampuan pemindaian warna dan manual atau otomatis untuk menghasilkan gambar C-scan material yang dapat dipahami, bidang penuh, mengurangi waktu inspeksi secara dramatis.

MATERIAL FLAW TESTER HARGANYA BERAPA?

Kami menjual beragam alat deteksi Non-destruktif dan Material Flaw Detection untuk memenuhi berbagai kebutuhan industri manufaktur, inspeksi Remaining-life analyst maupun operator jasa uji Non-destruktif. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami melalui email: [email protected]

error: Alert: Content is protected!