Menampilkan 1–24 dari 32 hasil

Personal Protective & Safety Equipment merupakan serangkaian Alat Pelindung Diri (APD) dan penunjang keselamatan dan kenyamanan kerja yang terdiri dari pakaian pelindung, helm, kacamata, atau pakaian atau peralatan lain yang dirancang untuk melindungi tubuh pemakainya dari cedera atau infeksi. Bahaya yang bisa ditangani oleh alat pelindung meliputi fisik, listrik, panas, bahan kimia, bahaya hayati, dan partikulat udara.

KENAPA APD ITU WAJIB?

Peralatan pelindung wajib dipakai untuk tujuan keselamatan dan kesehatan kerja terkait pekerjaan, serta untuk olahraga dan kegiatan rekreasi lainnya. Pakaian pelindung diterapkan pada kategori pakaian tradisional, dan perlengkapan pelindung berlaku untuk barang-barang seperti pembalut, pelindung, perisai atau topeng, dan lain-lain Setelan APD bisa serupa tampilannya dengan setelan ruang bersih.

Tujuan dari alat pelindung diri adalah untuk mengurangi resio pekerja lapangan terhadap bahaya ketika kontrol teknik dan kontrol administratif tidak layak atau tidak efektif untuk mengurangi risiko ini ke tingkat yang dapat diterima. APD diperlukan saat ada bahaya. APD memiliki batasan serius yang tidak dapat diterima. menghilangkan bahaya di sumbernya dan dapat mengakibatkan karyawan terpapar bahaya jika peralatan rusak.

APD juga dibutuhkan untuk memenuihi tingkat keamanan dalam lingkungan kerja “Clean room” maupun dalam operasional yang lebih presisi dan sebagai persyaratan utama dalam mematuhi standar industri terkait.

Setiap item APD menimbulkan penghalang antara pemakai / pengguna dan lingkungan kerja. Hal ini dapat menimbulkan ketegangan tambahan pada pemakainya, mengganggu kemampuan mereka untuk melakukan pekerjaan mereka dan menciptakan tingkat ketidaknyamanan yang signifikan. Semua ini dapat membuat pemakainya enggan menggunakan APD dengan benar, oleh karena itu menempatkan mereka pada risiko cedera, sakit atau, dalam keadaan ekstrim, kematian Desain ergonomis yang baik dapat membantu meminimalkan hambatan ini dan oleh karena itu dapat membantu memastikan kondisi kerja yang aman dan sehat melalui penggunaan APD yang benar.

KESELAMATAN DAN KENYAMANAN DITEMPAT KERJA

Praktik keselamatan dan kesehatan kerja dapat menggunakan kontrol dan intervensi bahaya untuk mengurangi bahaya di tempat kerja, yang menimbulkan ancaman bagi keselamatan dan kualitas hidup pekerja. Hierarki pengendalian bahaya menyediakan kerangka kerja kebijakan yang mengurutkan jenis pengendalian bahaya dalam kaitannya dengan pengurangan risiko absolut. Di bagian atas hierarki tersebut adalah eliminasi dan substitusi, yang menghilangkan bahaya sepenuhnya atau mengganti bahaya dengan alternatif yang lebih aman.

Jika tindakan eliminasi atau substitusi tidak dapat diterapkan, kontrol teknik dan kontrol administratif – yang berupaya merancang mekanisme yang lebih aman dan melatih perilaku manusia yang lebih aman – diterapkan. Alat pelindung diri menempati urutan terakhir dalam hierarki kendali, karena pekerja secara teratur terpapar pada bahaya, dengan penghalang perlindungan. Hierarki kendali penting dalam mengakui hal itu, sementara alat pelindung diri memiliki kegunaan yang luar biasa, ini bukanlah mekanisme kontrol yang diinginkan dalam istilah pekerja keamanan. Tentu dengan perencanaan keselamatan dan antisipasi demi kenyamanan dalam bekerja. Rutinitas penggunaan alat dan metode keselamatan kerja ini tentu akan berpengaruh dengan efisiensi kerja dan rasa aman bagi operator dan teknisi di lapangan.

Kami menjual beragam alat kerja penunjang keselamatan dan kenyamanan bekerja, serta aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami melalui email: [email protected]

error: Alert: Content is protected!