Menampilkan semua 19 hasil

Mallet ini dikenal juga dengan nama “palu” yang dari segi bentuk mirip dengan hammer yang dikenal dengan nama martil yang berukuran besar. Umumnya mallet memiliki bentuk lebih kecil dari martil dan lebih presisi agar cukup digunakan 1 tangan saja.

JENIS MALLET DAN HAMMER
Mallet merupakan sejenis palu, sering kali kepalanya terbuat dari karet atau terkadang kayu. Martil genggam tradisional terdiri dari kepala dan pegangan yang terpisah, yang diikat khusus atau dengan lem, atau keduanya. Desain dua bagian ini sering digunakan untuk menggabungkan kepala dan rangka metalik yang padat dengan pegangan penyerap guncangan mekanis dari material non-logam (untuk mengurangi kelelahan pengguna akibat ayunan pukul berulang). Dari jenis kepala pukul, mallet tipenya sebagai berikut:

1). Palu mallet kayu dan karet biasanya digunakan dalam pertukangan untuk mengetuk potongan kayu menjadi satu, atau untuk mendorong puncher pin atau pahat. Palu kayu tidak akan merusak ujung mencolok dari alat logam, seperti kebanyakan palu logam. Ini juga digunakan untuk mengurangi gaya yang menggerakkan ujung tajam pahat, memberikan kontrol yang lebih baik.


2). Palu mallet tembaga, kuningan, dan timah hitam biasanya digunakan pada mesin untuk menerapkan gaya pada bagian dengan risiko kerusakan yang lebih kecil, dan untuk menghindari percikan api. Karena logam-logam ini lebih lembut daripada baja, palu mengalami deformasi akibat gaya yang berlebihan, daripada benda baja yang dipukulnya.


3). Palu mallet daging melunakkan atau meratakan daging. Terbuat dari kayu atau logam, biasanya memiliki dua sisi, satu datar atau dengan sedikit tonjolan, dan yang lainnya dengan tonjolan yang lebih jelas. Penggunaannya telah dikurangi dengan penemuan mesin steak kubus dan pelunak listrik lainnya, Tetapi mereka masih dapat dengan mudah ditemukan di toko alat masak dan dalam penggunaan profesional.

KAPAN MALLET DAN HAMMER DIGUNAKAN?

Palu mallet maupun palu martil digunakan dalam berbagai industri, seperti pekerjaan teknik perbegkelan untuk melepas gardan dan komponen mesin, maupun menyetel pin lainnya. Sedangkan Hammer atau martil merupakan alat preferensi untuk pekerja teknik sipil dan pengrajin kayu yang menggunakan pahat dengan pegangan plastik, logam, atau kayu, karena mereka memberikan pukulan yang lembut dengan dorongan positif.

Biasanya kayu hickory menjadi standar industri karena mampu meredam gelombang kejut dari kepala martil dan anti slip. Resin fiberglass yang kaku dapat digunakan juga untuk pegangannya; bahan ini tidak menyerap air atau pembusukan tetapi tidak menghilangkan guncangan serta kayu.

Benturan antara kepala palu baja dan benda yang dtekan/dimartil dapat menimbulkan percikan api, yang dapat menyulut gas yang mudah terbakar atau meledak. Ini adalah bahaya di beberapa industri seperti penambangan batu bara bawah tanah (karena adanya gas metana), atau di lingkungan berbahaya lainnya seperti penyulingan minyak bumi dan pabrik kimia. Di lingkungan ini, berbagai perkakas logam non-percikan digunakan, terutama yang terbuat dari aluminium atau tembaga berilium. Martil dan palu untuk teknik saat ini didesain dengan pegangannya terbuat dari plastik atau karet tahan lama, meskipun kayu masih banyak digunakan karena sifatnya yang dapat menyerap guncangan dan dapat diperbaiki.

HARGA MALLET DAN HAMMER BERAPA?

Metalextra menjual beragam alat kerja efisisen dan ukur Gauge beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!