Menampilkan semua 3 hasil

Pengukuran kebulatan sangat penting untuk banyak aplikasi. Ada beberapa metode pengukuran yang berbeda dari pengukuran kaliper sederhana hingga sistem pengukuran kebulatan khusus yang sangat akurat. Kebulatan adalah ukuran seberapa dekat bentuk suatu objek mendekati lingkaran sempurna secara matematis. Kebulatan berlaku dalam dua dimensi, seperti penampang lingkaran di sepanjang benda silinder seperti poros atau roller silinder untuk bantalan. Dalam dimensi geometris dan toleransi, kontrol silinder juga dapat mencakup kesetiaannya terhadap sumbu longitudinal, menghasilkan silindrisitas. Analog dari kebulatan dalam tiga dimensi (yaitu, untuk bola) adalah kebulatan.

Kebulatan didominasi oleh fitur kasar bentuk daripada definisi tepi dan sudutnya, atau kekasaran permukaan objek yang diproduksi. Elips halus dapat memiliki kebulatan rendah, jika eksentrisitasnya besar. Poligon biasa meningkatkan kebulatannya dengan bertambahnya jumlah sisi, meskipun masih bermata tajam.

Dalam geologi dan studi tentang sedimen (di mana partikel tiga dimensi paling penting), kebulatan dianggap sebagai pengukuran kekasaran permukaan dan bentuk keseluruhan digambarkan dengan kebulatan.

error: Alert: Content is protected!