Menampilkan semua 2 hasil

Dalam teknik mesin dan metalworking, cairan coolant untuk bubut haruslah memiliki kekentalan dan konsistensi tertentu agar hasil bubut lebih presisi dan hasil konsisten. Untuk menguji kadar ini maka diperlukanlah alat ukur yang mampu mengukur dan menguji kepadatan benda cair tersebut secara sampling.

REFRACTOMETER ITU APA?

Refraktometer standar digunakan untuk mengukur tingkat pembiasan cahaya (sebagai bagian dari indeks bias) zat transparan baik dalam bentuk cair atau padat; ini kemudian digunakan untuk mengidentifikasi sampel cair, menganalisis kemurnian sampel, dan menentukan jumlah atau konsentrasi zat terlarut dalam sampel. Saat cahaya melewati cairan dari udara, itu akan melambat dan menciptakan ilusi ‘membungkuk’, tingkat keparahan ‘tikungan’ akan tergantung pada jumlah zat yang terlarut dalam cairan. Misalnya, jumlah gula dalam segelas air.

REFRACTOMETER FUNGSI APA SAJA?

Dalam kedokteran laboratorium, refraktometer digunakan untuk mengukur total protein plasma dalam sampel darah dan berat jenis urin dalam sampel urin.

Dalam diagnostik obat, refraktometer digunakan untuk mengukur berat jenis urin manusia.

Dalam ilmu batu mulia atau gemologi, refraktometer batu permata adalah salah satu peralatan dasar yang digunakan di laboratorium gemologi. Batu permata adalah mineral transparan dan karenanya dapat diperiksa menggunakan metode optik. Indeks bias adalah konstanta bahan, tergantung pada komposisi kimia suatu zat.

Refraktometer digunakan untuk membantu mengidentifikasi bahan permata dengan mengukur indeks biasnya, salah satu sifat utama yang digunakan dalam menentukan jenis batu permata. Karena ketergantungan indeks bias pada panjang gelombang cahaya yang digunakan (yaitu dispersi), pengukuran biasanya dilakukan pada panjang gelombang garis natrium D-line (NaD) ~589 nm. Ini disaring dari siang hari atau dihasilkan dengan dioda pemancar cahaya monokromatik (LED).

Batu-batuan mulia tertentu seperti rubi, safir, turmalin, dan topas secara optik anisotropik akan menunjukkan birefringence atau pantulan cahaya berdasarkan bidang polarisasi cahaya. Dua indeks bias yang berbeda diklasifikasikan menggunakan filter polarisasi. Refraktometer batu permata tersedia baik sebagai instrumen optik klasik maupun sebagai perangkat pengukuran elektronik dengan tampilan digital.

Dalam pemeliharaan akuarium laut, refraktometer digunakan untuk mengukur salinitas dan berat jenis air.

Dalam industri otomotif, refraktometer digunakan untuk mengukur konsentrasi cairan pendingin.

Dalam industri permesinan, refraktometer digunakan untuk mengukur jumlah konsentrat pendingin yang telah ditambahkan ke pendingin berbasis air untuk proses pemesinan.

Dalam fermentasi, refraktometer pembuatan alkohol digunakan untuk mengukur berat jenis sebelum fermentasi untuk menentukan jumlah gula yang dapat difermentasi yang berpotensi diubah menjadi alkohol.

Refraktometer Brix sering digunakan oleh para penghobi untuk membuat manisan seperti selai, marmalade dan madu. Dalam peternakan lebah, refraktometer brix digunakan untuk mengukur jumlah air dalam madu.

REFRACTOMETER JENISNYA APA SAJA?

Ada empat jenis utama refraktometer: refraktometer genggam tradisional, refraktometer genggam digital, refraktometer laboratorium atau Abbe (dinamakan untuk penemu instrumen dan berdasarkan desain asli ‘sudut kritis’ Ernst Abbe) dan refraktometer proses inline. Ada juga Refractometer Rayleigh yang digunakan (biasanya) untuk mengukur indeks bias gas.

HARGA REFRACTOMETER BERAPA?

Metalextra menjual beragam alat ukur Gauge beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!