Menampilkan semua 3 hasil

Mengukur dimensi dengan pergerakan kecil secara linear pada alat ukur jig maupun fixture merupakan metode penting dalam sebagian besar proses pengukuran mekanis. Mesin dan berbagai peralatan yang digunakan dalam aplikasi industri dan komersial menggunakan probe sensor khusus untuk tujuan ini. Tetapi teknologi sensor adalah kategori luas yang berkaitan dengan berbagai perangkat dengan spesifikasi dan kegunaan yang berbeda.

PROBE GAUGE JENISNYA APA SAJA?

Secara umum ada dua mekanisme untuk mengukur dengan nilai presisi yang tinggi yaitu secara sentuh/kontak dan secara non-kontak. Berikut ini tipe Linear probe yang umum digunakan;

  1. Probe tipe Linear variable differential transformer (LVDT):
    Menerapkan kerja transformator diferensial variabel linier serta sensor posisi non-kontak. Komponen terdiri dari tiga kumparan coil dan gagang inti. Kumparan biasanya dipasang pada bentuk tidak bergerak, sedangkan inti berpasangan langsung dengan benda yang bergerak. Kumparan yang dililitkan di sekitar tabung berongga tidak menyentuh inti permeabel. Kumparan terdalam adalah kumparan primer, dan berfungsi karena tereksitasi oleh arus bolak-balik. Kumparan tersebut kemudian akan menghasilkan fluks magnet yang akan bergerak menuju kedua kumparan lainnya, menyebarkan tegangan AC pada kedua kumparan tersebut. Untuk mengukur perpindahan menggunakan prinsip ini, ada nilai yang sesuai untuk setiap sinyal spesifik pada setiap posisi inti tertentu. Kopling elektromagnetik dari tegangan AC menarik kumparan primer, ke inti, dan kembali ke gulungan sekunder menghasilkan asosiasi nilai sinyal.

  2. Probe tipe Capacitive:
    Sensor kapasitif atau transduser bekerja dengan menggunakan kapasitansi yang dihasilkan antara elemen untuk mengukur perpindahan suatu objek.

  3. Probe Magnetorestrictive:
    S
    ensor posisi non-kontak jenis ini bekerja dengan memancarkan detakan pulsa arus listrik yang menciptakan medan magnet. Perangkat menggunakan medan magnet untuk menemukan posisi magnet. Saat pulsa yang sesuai dipancarkan dari magnet, komponen elektronik sensor menghitung waktu transmisi ini untuk mengukur perpindahan objek. Sensor ini digunakan untuk mengukur volume.

  4. Probe tipe Inductive atau Eddy-current:
    Jenis sensor ini juga disebut sebagai sensor induktif dengan prinsip electromagnet. Prinsip kerjanya menggunakan setruman pusaran arus listrik DC pada material yang bersifat konduktor dan mengukur gerakan rectilinear maupun ketebalan material.

LINEAR PROBE GAGE HARGANYA BERAPA?

Metalextra menjual beragam alat ukur Gauge beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!