Menampilkan 1–30 dari 142 hasil

Mikrometer merupakan alat ukur tangan atau hand tools yang juga dikenal dengan nama mikrometer sekrup. Screw Micrometer banyak digunakan untuk pengukuran komponen yang akurat dalam teknik mesin dan permesinan serta sebagian besar perdagangan mekanis, bersama dengan instrumen metrologi lainnya seperti dial, vernier, dan kaliper digital.

MICROMETER FUNGSINYA APA?

Berdasarkan fungsi dimensi ukurnya, micrometer terbagi menjadi 3 yaitu; Inside micrometer, outside micrometer dan depth micrometer. Alat ukur dimensi ini memiliki mekanisme sekrup terkalibrasi yang menggerakkan skal ukur. Mikrometer biasanya, tetapi tidak selalu, dalam bentuk kaliper (ujung berlawanan bergabung dengan bingkai) dan digunakan untuk mengukur diameter eksternal. Mikrometer menggunakan sekrup untuk mengubah jarak kecil (yang terlalu kecil untuk diukur secara langsung) menjadi rotasi besar sekrup yang cukup besar untuk dibaca dari skala.

Umumnya frame dan rahang bawah dari counter micrometer dilengkapi dengan polymer untuk memudahkan genggaman tangan maupun bantuan stand jepit. Dari kebutuhan sederhana untuk mengukur dan membandingkan dimensi benda kerja, micrometer tipe counter cukuplah untuk kontrol kualitas, penilaian kompatibilitas, dan perencanaan produksi harian di lantai workshop, namun rasanya kurang cocok untuk lab ukur. Akurasi mikrometer berasal dari keakuratan bentuk ulir didalamnya yang merupakan inti dari desainnya. Dalam beberapa kasus, ini adalah sekrup diferensial. Umumnya Micrometer seluruh dunia haruslah sesuai dengan akurasi standar Jerman DIN 863.

Alat ukur mikrometer sekrup terkalibrasi untuk pengukuran diameter luar atau ⌀ID maupun dimensi eksternal ketebalan komponen yang akurat dalam teknik mesin dan pemesinan. Mikrometer juga digunakan dalam teleskop atau mikroskop untuk mengukur diameter semu benda langit atau benda mikroskopis.

MICROMETER KOMPONENNYA APASAJA?

Berikut adalah daftar komponen berbeda yang membentuk multimeter tipikal:

  • Frame – Tubuh berbentuk C yang menahan landasan dan laras dalam hubungan konstan satu sama lain,
  • Anvil – Bagian mengkilap yang menjadi tujuan gerak gagang spindel, dan menyentuh benda kerja yang akan diukur. Dalam pengerjaan logam atau metrologi untuk mengatur atau mengukur jarak vertikal, biasanya mata ukur anvil micrometer terbuat dari material baja sks polos, Zirconia Ceramic, maupun umumnya Tungsten Carbide yang di-brazing pada frame alloy steel.
  • Sleeve/barrel/stock – Komponen bulat stasioner dengan skala linier di atasnya, terkadang dengan tanda vernier,
  • Locknut / lock-ring / thimble lock – Komponen knurled (atau tuas) yang mengencangkan untuk menahan stasioner spindel,
  • Spindle – Komponen silindris mengkilap yang menyebabkan bidal bergerak ke arah landasan,
  • Thimble – Komponen yang bisa digerakkan dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk teknisi.
  • Penghenti ratchet – Perangkat tuas pengunci di ujung pegangan yang membatasi tekanan yang diberikan dengan tergelincir pada torsi yang dikalibrasi,
    Baut.

MICROMETER JENISNYA APA SAJA?

Berdasarkan mekanisme pembacaan nila ukurnya, Micrometer ada 3 jenisnya yang bisa dibeli di Metalextra.com, yaitu; Micrometer Vernier/klasik, Micrometer Dial atau analog, dan Micrometer Digital. Selain itu ada juga micrometer tipe hybrid yang menggunakan titik tumpu material atau titik sentuh ketiga yang juga dikenal dengan nama Snap Gauges.

Micrometer tipe Vernier ini cara interpolasi pengukuran terkesan “mengira-ngira”. Sedangkan Tipe Dial, micrometer ini bisa mengukur toleransi dimensi, namun pencatatan hasil pengukuran masih manual. Sedangkan Micrometer digital umumnya memiliki fitur data transfer, sehingga pengukuran bisa cepat dan terekam di software spreadsheet ataupun Microsoft Excel.

Selain perbedaan mekanisme dan nilai akurasi ukurnya, micrometer tipe digital merupakan alat ukur yang harganya lebih tinggi. Tapi secara umum cara pakainya hampir sama. Spindel ini bisa diputar dengan mekanisme sekrup yang sangat akurat dan objek yang akan diukur ditempatkan di antara spindel dan landasan. Spindel digerakkan dengan memutar kenop ratchet atau bidal hingga benda yang akan diukur sedikit tersentuh oleh spindel dan landasan.

MICROMETER HARGANYA BERAPA?

Metalextra menjual beragam alat ukur Vernier Depth Gauge beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : sales@metalextra.com

error: Alert: Content is protected!