Menampilkan semua 3 hasil

CIRCUMFERENCE TAPE & SCALE FUNGSINYA APA?

Dalam menentukan nilai ukur keliling material silider seperti pipa, roda lingkaran tanpa perhitungan, dibutuhkan penggaris yang bisa mengikat secara kontur bersentuhan pada permukaan material. Circumference tape atau ini memiliki skala inci untuk mengukur diameter di tepi atas dan skala keliling yang sesuai di tepi bawah. Mereka juga dikenal sebagai aturan tinners. Semuanya fleksibel untuk mengukur permukaan yang sedikit melengkung dan memiliki tanda tergores yang tahan aus.

Circumference tape juga dikenal dengan nama meteran roll atau Pita diameter, atau d-tape, adalah alat yang paling umum. Pita itu dililitkan di sekitar pohon, mengukur kelilingnya. Misalnya, penggaris standar dapat mengukur panjang hingga milimeter terdekat, sedangkan jangka sorong dapat mengukur panjang hingga 0,01 milimeter terdekat.

Jarak secara linear biasanya diukur dengan penggaris atau precision rulers. Batas keakuratan penggaris ditunjukkan oleh seberapa “tepatnya” Anda dapat membaca panjang pada skala penggaris itu—yaitu, seberapa baik Anda dapat memperkirakan rentang jarak di antara tanda marking garis.

PRECISION RULERS JENISNYA APA SAJA?

Jenis circumference ruler sangat tergantung dari fungsi dan aplikasinya didunia kerja. Misalnya penggaris untuk tukang kayu tentu berbeda tingkat presisinya dari industri pengolahan pipa migas atau komponen jam dan alat medis. Oleh karena itu ada beragam sekali jenisnya, dari siku garis tukang atau meteran roll seharga puluhan ribu rupiah yang dibuat di China, hingga Phi-tape buatan Amerika Serikat yang berharga puluhan juta rupiah.

Faktor penting dalam akurasi dan presisi pengukuran melibatkan presisi alat ukur. Secara umum, alat ukur presisi adalah alat yang dapat mengukur nilai dalam peningkatan yang sangat kecil. Misalnya, penggaris standar dapat mengukur panjang hingga milimeter terdekat, sedangkan jangka sorong dapat mengukur panjang hingga 0,01 milimeter terdekat. Kaliper adalah alat ukur yang lebih presisi karena dapat mengukur perbedaan panjang yang sangat kecil. Semakin presisi alat ukur, semakin presisi dan akurat pengukurannya.

Penggunaan Phi-tape atau circumference tape hampir mirip saja seperti penggunaan precision ruler. Saat kita menyatakan nilai terukur, bisa saja dengan mencantumkan digit sebanyak yang kita ukur pada awalnya dengan alat ukur yang sama. Misalnya, jika Anda menggunakan penggaris standar untuk mengukur panjang tongkat, Anda dapat mengukurnya menjadi 26,7 cm. Anda tidak dapat menyatakan nilai ini sebagai 26,71 cm karena alat pengukur Anda tidak cukup tepat untuk mengukur seperseratus sentimeter. Perlu dicatat bahwa digit terakhir dalam nilai terukur telah diperkirakan dengan cara tertentu oleh orang yang melakukan pengukuran. Misalnya, orang yang mengukur panjang tongkat dengan penggaris memperhatikan bahwa panjang tongkat tampaknya berada di antara 26,6 cm dan 26,7 cm, dan dia harus memperkirakan nilai digit terakhir. Menggunakan metode angka penting, aturannya adalah bahwa digit terakhir yang ditulis dalam suatu pengukuran adalah digit pertama dengan beberapa ketidakpastian. Untuk menentukan jumlah digit signifikan dalam suatu nilai, mulailah dengan nilai terukur pertama di sebelah kiri dan hitung jumlah digit melalui digit terakhir yang tertulis di sebelah kanan. Misalnya, nilai terukur 26,7 cm memiliki tiga digit, atau angka penting. Angka penting menunjukkan ketelitian alat ukur yang digunakan untuk mengukur suatu nilai.

HARGA CIRCUMFERENCE RULER & SCALE?

Metalextra menjual beragam alat ukur Vernier Depth Gauge beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!