Menampilkan semua 16 hasil

Kaliper gage merupakan alat ukur dengan tangan yang digunakan untuk menentukan jarak antara dua titik yang berlawanan pada suatu bagian atau benda. Caliper gauge tersedia dalam desain dial atau digital dan dapat dibuat secara khusus untuk mengukur diameter dalam atau luar suatu objek. Caliper gauge dikenal juga sebagai Lever Gauge, Lever Caliper, Mechanical dan electronic lever gauges.

CALIPER GAGE KEUNGGULAN/KEKURANGANNYA APA?

Caliper gauge merupakan alat ukur mekanisme axis tekan yang sangat serbaguna dan pengukuran presisi yang paling umum dimiliki dan digunakan di bidang teknik mesin, kedokteran, sains, pengerjaan kayu, pengerjaan logam, dan kehutanan, Caliper gauge merupakan alat yang umum digunakan.

Caliper gauge mampu mengukur berbagai jarak, diameter internal, diameter eksternal. Mikrometer cenderung lebih akurat dalam pengukurannya, namun biasanya hanya dapat mengukur hingga beberapa inci. Sementara Caliper gauge merupakan alat yang sedikit kurang akurat, mereka dapat melakukan pengukuran sekecil beberapa inci dan sebesar empat kaki.

Salah satu kelemahan terbesar dari Caliper gauge merupakan kurangnya presisi jika benda yang akan diukur itu material yang lembut atau mudah lentur. Caliper gauge itu sendiri dibangun untuk presisi dalam setiap pengukuran, tetapi untuk menggunakannya secara maksimal, operator harus sangat terampil. Memposisikan alat dengan benar dan menafsirkan output dengan benar dapat menjadi tantangan bagi pemula. Dengan operator yang lebih berpengalaman, Caliper gauge memberikan pengukuran yang sangat konsisten dan akurat. Caliper gauge memerlukan kalibrasi ulang sekitar setahun sekali dan harus diperiksa secara teratur untuk keausan dan kerusakan.

CALIPER GAUGE KAPAN DIGUNAKAN?

Seperti kebanyakan alat pengukuran presisi, Caliper gauge telah mengalami beberapa transformasi yang bermanfaat sejak penemuan pertamanya yang telah meningkatkan kegunaan dan akurasi. Pengukur kaliper elektronik saat ini sering kali dapat terhubung ke perangkat lunak komputer, mengonversi unit pengukuran, dan membandingkan pengukuran terkait. Caliper gauge manual masih sangat berguna dan biasanya merupakan pilihan yang lebih murah bagi mereka yang peduli dengan harga.

Rahang bawah pada Caliper gauge dirancang untuk mencengkeram objek yang diukur. Salah satu rahang bawah tetap di tempatnya sementara rahang bawah lainnya bergerak sepanjang skala pengukuran. Rahang bawah biasanya digunakan untuk mengukur dimensi luar suatu bagian seperti diameter, panjang, atau lebar.

Rahang atas pada Caliper gauge jauh lebih kecil dan terletak di bagian atas alat. Mirip dengan rahang bawah, satu rahang atas tetap sementara yang lain bebas bergerak sepanjang skala pengukuran. Saat mengukur dimensi bagian dalam, rahang atas dengan mudah ditempatkan di sepanjang tepi bagian dalam area tersebut.

Batang kedalaman merupakan batang tipis di ujung skala utama yang memanjang untuk mengukur kedalaman lubang atau langkah. Skala utama merupakan skala pengukuran besar pusat pada Caliper gauge yang membentang di sepanjang badan alat.

Skala utama dapat memiliki gradasi milimeter atau inci dan terkadang memiliki keduanya. Skala utama tetap diam selama pengukuran. Pada Caliper gauge Vernier, ada juga skala Vernier yang bergerak di sepanjang skala utama sebanding dengan pergerakan rahang. Skala Vernier selanjutnya membagi unit pengukuran yang ditemukan pada skala utama.

Akhirnya, Caliper gauge datang dengan dua jenis sekrup. Sekrup ibu jari memberikan pegangan yang membantu operator menggeser dan menyesuaikan rahang atau batang kedalaman. Sekrup kunci pada Caliper gauge memperbaiki rahang atas dan bawah yang dapat digerakkan di tempatnya setelah alat diposisikan untuk melakukan pembacaan yang akurat.

CALIPER GAUGE KENAPA DIMINATI?

Caliper gauge digunakan untuk sejumlah pengukuran perbedaan di berbagai pengaturan pengukuran yang berbeda. Alat hebat ini dapat melakukan pengukuran permukaan luar, permukaan dalam, pengukuran langkah, dan pengukuran kedalaman. Selain itu, Caliper gauge sangat bagus untuk mengukur jarak. Pengukur kaliper digunakan di sejumlah bidang terapan seperti teknik mesin, kedokteran, sains, pengerjaan kayu, pengerjaan logam, dan kehutanan. Kualitas terbesar dari Caliper gauge merupakan berapa banyak tugas pengukuran yang berbeda yang dapat digunakan untuk itu.

CALIPER GAGE CARA PAKAINYA BAGAIMANA?

Aturan umum dengan Caliper gauge mengenai akurasi merupakan terserah pengguna dan bukan perangkat itu sendiri. Mengingat keserbagunaan yang luar biasa dari Caliper gauge, alat ini dapat digunakan untuk melakukan sejumlah pengukuran. Namun, untuk mencapai tingkat akurasi yang tinggi dalam pengukuran ini, individu yang menggunakan Caliper gauge harus berpengalaman dalam memposisikan dan membaca alat. Dengan demikian, dengan peningkatan level latihan, hampir semua orang dapat mempelajari cara menggunakan Caliper gauge secara akurat. Selain itu, dengan penemuan Caliper gauge elektronik, menafsirkan output pada Caliper gauge menjadi jauh lebih mudah.

CALIPER GAUGE JENISNYA APA SAJA?

  • Pengukur Caliper gage dengan tampilan ukur jarum / Dial Indicator

  • Pengukur Caliper gage digital

  • Pengukur Caliper gage internal

  • Pengukur Caliper gage eksternal

  • Pengukur Caliper gage inci

  • Pengukur Caliper gage metrik

MENGAPA CALIPER GAGE ​​MEMILIKI PILIHAN POIN KONTAK YANG BERBEDA?

  1. Pengukur kaliper diameter internal:
    Pengukur kaliper diameter dalam, juga disebut pengukur kaliper internal, tersedia dalam versi dial dan elektronik. Yang membuat caliper gage jenis ini berbeda dari yang lain merupakan penempatan dan gaya rahangnya. Rahang pada pengukur kaliper internal sebagian besar cenderung lurus dengan sedikit kurva ke luar di ujungnya. Perancangan ini dimaksudkan untuk melakukan pengukuran pada permukaan bagian dalam suatu benda. Dengan kata lain, rahang pada pengukur kaliper diameter dalam dibuat sedemikian rupa sehingga ujung rahang melengkung keluar sehingga kedua ujung ini merupakan satu-satunya bagian pahat yang bersentuhan dengan bagian tersebut. Ini memberikan pengukuran diameter dalam yang paling akurat. Opsi titik kontak untuk pengukur kaliper internal penting untuk memasang pahat di dalam area yang diukur yang mungkin sempit atau sempit.

  2. Pengukur kaliper diameter external;
    Pengukur kaliper diameter luar, juga disebut pengukur kaliper eksternal, tersedia dalam versi dial dan elektronik. Yang membuat caliper gage jenis ini berbeda dari yang lain merupakan struktur dan desain rahangnya. Setiap rahang pada diameter luar melengkung dalam bentuk seperti persegi sebelum kembali ke titik kontak. Saat diam, rahang pengukur kaliper diameter luar bersentuhan. Kemudian, saat digunakan, titik kontak ini dapat ditempatkan pada permukaan luar yang Anda coba ukur, memberikan pengukuran paling akurat dari satu titik eksternal ke titik eksternal lainnya. Desain ini dimaksudkan khusus untuk mengukur jarak eksternal pada suatu bagian atau objek.

BAGAIMANA ANDA MENGGUNAKAN CALIPER GAGE?

Menggunakan Caliper gauge, baik dial atau elektronik, membutuhkan latihan, kesabaran, dan keterampilan. Rahang Caliper gauge harus ditempatkan sangat tegak lurus, atau persegi, dengan objek yang diukur. Memegang rahang dengan kuat di tempatnya merupakan penting, tetapi Anda juga harus berhati-hati agar tidak menyebabkan defleksi. Secara umum, objek yang diukur harus sedekat mungkin dengan bingkai Caliper gauge. Secara umum, penggunaan Caliper gauge membutuhkan sekitar empat langkah;

  1. Pertama, pegang Caliper gauge menggunakan sekrup ibu jari, posisikan rahang tetap di bagian dalam atau luar bagian yang diukur.

  2. Kedua, sesuaikan rahang yang dapat digerakkan sedemikian rupa sehingga kemudian diposisikan pada lokasi yang berlawanan, sehingga menutupi ruang atau area yang diukur. Ini merupakan sama terlepas dari apakah bagian atas rahang bawah sedang digunakan.

  3. Ketiga, kencangkan sekrup pengunci agar posisi alat stabil dan terkunci pada tempatnya.

  4. Keempat, pastikan apakah memegang alat pada tempatnya atau melepasnya setelah terkunci, bacalah hasil pengukuran baik secara manual dari timbangan atau secara digital dari layar pembacaan. Tergantung pada jenis pengukuran yang Anda ambil, langkah-langkah ini akan memerlukan sub-langkah dan penyesuaian yang lebih rumit.

BAGAIMANA CARA MEMILIH CALIPER GAGE ​​YANG TEPAT

Memilih pengukur kaliper yang tepat akan bergantung pada jenis pengukuran apa yang perlu Anda selesaikan menggunakan alat ini. Alat serbaguna ini dapat mengukur diameter luar, diameter dalam, ketebalan alur, ketebalan tabung, dan dimensi yang sulit dijangkau. Sementara akurasi Caliper gauge sedikit berbeda desainnya berdasarkan jenis pengukur dan pengukuran yang dilakukan, alat ini umumnya terkenal dengan tingkat akurasi yang tinggi dan penggunaan intuitifnya.

CALIPER GAGE HARGANYA BERAPA?

Caliper gauge merupakan alat yang sangat berguna yang dapat digunakan dalam sejumlah pengaturan berbeda untuk menyelesaikan berbagai pengukuran yang berbeda. Alat luar biasa ini mampu melakukan pengukuran permukaan luar, permukaan dalam, dan dapat menyelesaikan pengukuran langkah, pengukuran kedalaman, serta pengukuran jarak. Terlepas dari keserbagunaannya, Caliper gauge paling akurat ketika pengguna mahir dalam menangani dan membaca alat. Pengukur kaliper elektronik atau digital dapat membantu meminimalkan kesalahan ini untuk pengguna yang kurang berpengalaman. Untuk informasi selengkapnya, silahkan hubungi: [email protected]

error: Alert: Content is protected!