Menampilkan semua 6 hasil

Dial Bore Gauge merupakan alat kerja yang mencari dimensi diameter internal dengan toleransi. Dial bore gauge bisa mempermudah mengecek keausan dan dimensi rata-rata bagian dalam lubang pada beragam benda kerja presisi seperti lubang vertikal, combustion chamber, pipa dan tubing, sistem silinder internal dan lainnya.

DIAL BORE GAUGE FUNGSINYA APA?

Dial bore gauge banyak digunakan oleh teknisi untuk mengukur diameter dalam lubang pada mesin motor. Kecepatan dan keakuratan dial bore gauge dapat menghemat banyak waktu saat digunakan untuk mengukur potongan atau ukuran lubang dalam proyek bubut dan porting polish pada silinder mesin. Dial bore gauge menggunakan bantuan alat ukur dimensi kecil Dial Test Indicator yang umumnya bisa dilepas-pasang.

Bore gauge atau bore gage berdasarkan ukuran dan cara bacanya secara umum ada 4 tipe yaitu; Telescopic bore gauge, Vernier bore gauge, Dial bore gauge dan Digital bore gauge. Dimensi pada dial bore gauge dibaca dari test indicator tipe jarum yang digunakan.

Dial bore gauge memiliki keunggulan untuk melihat toleransi batas atas atau bawah dan nilai komparatif dengan mudah. Pengukuran dengan Dial bore gauge dilakukan secara manual dan seringkali memnbutuhkan “feeling” dari teknisi untuk merasakan dan menggoyang-goyangkan dudukan kepala anvil agar pas merapat dilubang silinder.

Untuk menggunakan Dial Bore Gauge, ada tiga mekanisme yaitu;

  1. Tipe mata ukur 2 titik: Gagang dan mata ukur dimasukkan dengan sedikit miring ke lubang dan dengan hati-hati dikunci ke ukuran yang sedikit lebih besar dari lubang pada sudut itu. Kemudian, goyangkan pegangan dari sisi ke sisi, gerakkan pegangan secara perlahan melintasi lubang ke sisi yang lain. Goyang pertama-tama akan menyelaraskan pengukur dengan sumbu lubang dan tindakan memindahkan pegangan ke sisi lain lubang akan membawanya ke diameter lubang yang tepat. Tindakan ini memampatkan dua landasan di mana mereka tetap terkunci pada dimensi lubang setelah ditarik dan bacaan pada tampilan dial bisa diperkirakan.

  2. Tipe mata ukur 3 titik bentuk T: Gagang dan mata ukur dimasukkan dengan sedikit miring ke lubang dan dengan hati-hati, kemudian, goyangkan pegangan dari sisi ke sisi, gerakkan pegangan secara perlahan melintasi lubang ke sisi yang lain hingga nilai bisa stabil terlihat.
  3. Tipe mata ukur 3 titik simetris bentuk Y: Gagang dan mata ukur dimasukkan dengan sedikit miring ke lubang dan dengan hati-hati dikunci ke ukuran yang sedikit lebih besar dari lubang pada sudut itu. Kemudian, tekan/putar mekanisme thimble agar mata ukur keluar mengembang dengan sempurna hingga menyentuh dinding silinder internal.

DIAL BORE GAUGE CARA KALIBRASINYA BAGAIMANA?

Bore gauge tipe Dial ini juga dikenal sebagai alat ukur diameter internal yang bisa melakukan ukur lubang dan silinder secara nominal dan ukur komparatif. Hasil ukur bisa dibandingkan akurasinya dengan master gauge atau alat ukur lain seperti mikrometer, ring gauge, limit gauge dan lainnya.

Harap perhatikan bahwa Bore Gauge Setting Master dirancang untuk mengatur 2 titik anvil hanya cocok untuk mata anvil atau probe pada bore gauge hingga diameter 160 mm secara akurat (akurasi 0,01 mm). Anda juga dapat menggunakan Bore Gauge setter sebagai komparator presisi maupun sebagai komparasi dengan block gauge maupun bench center.

HARGA DIAL BORE GAUGE BERAPA?

Kami menjual beragam produk alat ukur presisi seperti internal micrometer, bore gauge nonius dan Telescopic untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan mulai dari pengukuran hingga pengecekan dimensi Go/NoGo. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami melalui email: [email protected]

error: Alert: Content is protected!