Menampilkan semua 3 hasil

Tanpa diragukan lagi, air adalah komponen utama industri. Ini bisa menjadi sumber tenaga, sumber energi, bisa menghilangkan panas, bisa menjadi pelarut, membersihkan kotoran, berfungsi sebagai mekanisme transportasi, dan digunakan sebagai bahan mentah dalam ratusan bahkan ribuan produk.

WATER QUALITY TESTER FUNGSINYA APA?

Berkat teknologi kimia modern, kita dapat mendeteksi ribuan bahan kimia dalam air, bahkan pada konsentrasi yang sangat rendah. Daftar tes yang terus bertambah yang tersedia dapat terasa luar biasa, dan sebagian besar metode memerlukan fasilitas laboratorium yang canggih. Untungnya, kita tidak perlu menguji semuanya! Serangkaian pengujian yang jauh lebih kecil dan lebih praktis dapat memberikan pemahaman yang baik tentang kualitas air kimia untuk tujuan pemantauan. Kabar baiknya adalah bahwa ada versi teknologi rendah dari tes ini untuk situasi ketika anggaran terbatas.

UJI MATERIAL CAIR APA SAJA ALAT KERJANYA?

Material apa saja tentu memiliki karakteristik yang perlu diketahui sifatnya. Untuk bisa digunakan lebih lanjut tentu diperlukan pengukuran agar mengetahui kelayakan pakai maupun untuk syarat spesifikasi industri. Alat ukur electrical conductivity meter (EC meter) merupakan salah satu alat ukur yang digunakan untuk investigasi material.

Metode uji kualitas air dilapangan ada yang sifatnya berteknologi rendah maupun deteksi sampel yang portabel. Pengukur konduktivitas digunakan untuk merekam atau mengukur kemampuan larutan untuk membawa arus listrik, memeriksa tingkat salinitas, suhu dan atau mengukur tingkat PH.

Untuk pemantauan kualitas air secara kimia terbagi dalam tiga kategori:

  1. Strip tes – Ini adalah strip kecil sekali pakai yang berubah warna untuk menunjukkan konsentrasi bahan kimia tertentu. Tergantung pada pengujian tertentu, pengguna “mengaktifkan” kertas atau strip plastik dengan mencelupkannya ke dalam sampel air dan mengayunkannya, atau dengan memegang strip di aliran air. Setelah menunggu beberapa saat, pengguna membandingkan warna strip tes dengan bagan warna untuk membaca konsentrasi bahan kimia. Kit ini sangat sederhana, tetapi kurang akurat dibandingkan metode lain, terutama jika pengguna tidak mengikuti petunjuknya.

  2. Kit disk warna – Kit tes disk warna tersedia untuk berbagai tes kimia. Dalam pengaturan tipikal, pengguna menambahkan paket bubuk atau beberapa tetes reagen cair ke sampel air dalam tabung plastik yang dapat digunakan kembali. Pengguna kemudian menempatkan tabung sampel dalam kotak melihat plastik kecil. Kotak tampilan ini berisi disk plastik dengan gradien warna yang tercetak di atasnya. Pengguna memutar disk warna untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan warna sampel, dan kemudian membaca konsentrasi bahan kimia dari disk. Kit disk warna biasanya memiliki beberapa langkah dan sering kali menyertakan waktu tunggu yang ditentukan, sehingga sedikit lebih rumit dan mahal, tetapi umumnya lebih akurat.

  3. Instrumen digital genggam – Pengukur digital, kolorimeter, dan fotometer yang ringan dan portabel tersedia untuk pengujian air. Mereka memberikan hasil yang paling akurat dari ketiga metode pengujian ini, tetapi mereka juga lebih mahal dan rumit daripada opsi sebelumnya. Instrumen ini membutuhkan baterai dan kalibrasi. Meskipun instrumen digital sangat membantu teknisi lapangan dan merupakan bagian penting dari jaringan pemantauan jarak jauh atau berkelanjutan, diperlukan pengetahuan dan ilmu dasar untuk memahami arti pembacaan nilai ukurnya.

CONDUCTIVITY METER FUNGSINYA APA?

Pengukur konduktivitas digunakan untuk merekam atau mengukur kemampuan larutan untuk membawa arus listrik, memeriksa tingkat salinitas, suhu dan atau mengukur tingkat PH. Pengukur konduktivitas dapat digunakan untuk pengkondisian air, akuarium, pengolahan makanan, fotografi dan aplikasi laboratorium serta kontrol kualitas.

Untuk melewatkan arus listrik melalui air, pengukur konduktivitas memiliki dua probe yang jaraknya kecil. Sejumlah listrik yang diketahui diletakkan di satu probe dan jumlah yang masuk ke probe lainnya diukur. Semakin besar arus listrik, semakin besar jumlah partikel bermuatan yang ada di dalam air.

Keandalan dan pengulangan nilai ukur dengan mentode ini memang sangat baik. Namun, kelemahan prinsip konduktivitas ini terletak dari prinsip pengukuran yang tidak spesifik. Alat ukur Conductivity meter tidak dapat membedakan antara berbagai jenis ion yang terlarut didalam cairan, sebaliknya memberikan pembacaan yang sebanding dengan efek gabungan dari semua ion yang ada.

Pengukur konduktivitas memungkinkan kita untuk mengukur tingkat konduktivitas dalam larutan. Konduktivitas merupakan kemampuan bahan (larutan, logam atau gas) untuk melewatkan dan merambatkan arus listrik. Metalextra menjual beragam alat ukur beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

ALAT INSPEKSI WATER QUALITY TESTER BERAPA?

Kami menjual beragam produk alat uji dan ukur sampel kualitas dan kandungan air. Umumnya alat ukur PH dan kekentalan cairan diperlukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan mulai dari penakaran cairan pendingin untuk mesin produksi subtraktif penggilingan hingga pemolesan maupun untuk cairan potong pada mesin water cutting maupun EDM hingga keperluan sanitasi dan manajemen lingkungan. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami melalui email: [email protected]

error: Alert: Content is protected!