Menampilkan semua 7 hasil

Analisis struktur mikro dari material logam membantu peneliti untuk memperkirakan umur ekonomis dan menguji kualitas material berdasarkan proses sampling. Material ini bisa diuji dengan membelah dan persiapan sampel bahan lainnya untuk analisis; dan banyak metode pengujian yang digunakan. Analisis material logam mencakup metalurgi (Metallurgy) dan metalografi (Metallography).

METALLOGRAPHY ITU FUNGSINYA APA?

Tentu saja ada banyak sekali klasifikasi standar dan daya tahan material logam dan non-logam yang dibutuhkan oleh industri manufaktur. Agar tercapai kualitas yang seragam dan relatif memuaskan pasar, maka ditetapkanlah standar ambang batas dan bawah dari pengujian material yang dilakukan secara berulang-ulang. Untuk mengevaluasi dan mendokumentasikan sampel logam dan material lain, diperlukan investigasi dan pengecekan agar material tersebut sesuai untuk digunakan dalam aplikasi yang dimaksud.

Metalografi adalah studi tentang struktur mikro dari semua jenis paduan logam, yang dapat lebih tepat didefinisikan sebagai disiplin ilmiah mengamati dan menentukan struktur kimia dan atom dan distribusi spasial butir, konstituen, inklusi atau fase dalam paduan logam.

Pengamatan struktur mikro bisa dilakukan untuk semua material padatan logam ferrous dan non-ferrous maupun mineral non-logam. Yang perlu diperhatikan adalah standar mana dan metode apa yang akan anda pilih. Standar rutin tersebut akan menentukan tahapan persiapan setiap sampel material. Lebih lanjut lagi, proses metallography yang terekam dengan baik ini juga mempermudah proses investigasi dan pembuatan laporan kualitas, baik di lingkungan laboratorium yang tersertifikasi maupun di lingkungan Research & Development dengan standar sendiri.

Untuk melakukan analisis metalografi sampel secara akurat, persiapan sangat penting. Struktur mikro dan kekerasan sampel Anda harus diungkapkan, dan Anda harus dapat percaya bahwa apa yang Anda lihat adalah bentuk dan rupa yang sebenarnya ada dan bisa dijelaskan secara ilmiah. Ketika akan memulai langkah persiapan sampel untuk metalografi, Anda tidak dapat melewatkan satu langkah pun.

PERSIAPAN METALLOGRAPHY SEPERTI APA?

Persiapan metalografi sampel yang tepat seperti baja karburasi memiliki lima atau enam langkah, tergantung pada jenis analisis dan standar apa yang perlu Anda lakukan. Langkah pertama adalah pemotongan. Analisis menyeluruh tidak memerlukan seluruh bagian, melainkan hanya sampel yang representatif Membagi komponen yang dipermasalahkan membawa bagian yang berpotensi besar ke penampang yang bisa diterapkan yang mengekspos area yang akan dianalisis.

Setelah membagi sampel, sampel harus dipasang atau dimounting pada resin cair yang kemudian dipanggang. Sampel diamankan dengan material pemasangan yang sesuai yang memungkinkan retensi tepi tajam dan akan digiling dengan kecepatan yang sama seperti sampel pada langkah persiapan di masa mendatang. Meskipun ada jalan pintas yang dapat mengurangi waktu atau biaya pemasangan sampel, tidak ada jalan pintas untuk menggunakan suhu, waktu, dan tekanan yang tepat selama proses.

Sampel yang dipasang kemudian perlu di grinding atau digiling untuk membuat permukaan yang rata dan bersih. Setiap residu potensial dari proses pemasangan atau kerusakan dari proses pemotongan harus dihilangkan untuk mengekspos struktur mikro sampel yang sebenarnya. Penting untuk menjauhkan serpihan dari sampel karena digiling, dan langkah penggilingan tidak boleh dianggap selesai jika sampel tidak terlihat seragam di ujungnya.

Memoles sampel atau langkah polishing dengan abrasif yang memiliki grit halus, mampu menghilangkan goresan lebih dalam yang ditinggalkan oleh abrasive penggilingan yang lebih kasar. Permukaan menjadi mengkilap dan reflektif, dan setiap cacat yang tersisa harus menunjukkan adanya kekurangan pada sampel itu sendiri, bukan kreasi dari proses persiapan metalografi. Ini tidak cukup untuk Goresan yang tertinggal pada sampel dapat merusak lekukan uji kekerasan dan menyebabkan ketidakakuratan dalam pembacaan dan analisis struktur mikro.

Jika Anda menganalisis struktur mikro sampel Anda, Anda akan ingin menyepuh lebih halus lagi dengan cairan kimia chemical Etching. Proses Etching atau mengetsa ini harus segera dilakukan setelah pemolesan, untuk mencegah oksidasi memengaruhi hasil Anda. Terutama saat memulai pengetsaan, lebih baik melakukan proses ini dalam beberapa langkah kecil daripada mencoba sepenuhnya mengetsa sampel sekaligus. Bisa dibilang langhkah etching ini haruslah pas timing waktunya dan jangan berlebihan.

Apakah Anda mengetsa sampel Anda atau tidak, analisis metalografi adalah langkah terakhir. Melalui pengujian kekerasan atau analisis gambar mikroskopis, lebih banyak tampilah wujud dan rupa struktur mikro dari material sampel Anda dapat terungkap.

HARGA METALLOGRAPHY UNIT BERAPA?

Metalextra menjual beragam alat uji presisi dan aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami melalui email: [email protected]

error: Alert: Content is protected!