Menampilkan semua 2 hasil

Pemotongan dengan teknik busur karbon udara atau Air carbon arc cutting, juga disebut sebagai pemotongan busur logam atau metal arc gouging. Pemotongan busur udara atau teknis pengelasan Gouging ini merupakan proses pemotongan busur di mana logam dipotong dan dilebur oleh panas busur karbon. Logam cair kemudian dihilangkan dengan semburan udara. Ini menggunakan karbon atau elektroda grafit yang dapat dikonsumsi untuk melelehkan material, yang kemudian diterbangkan oleh tekanan jet udara.

GOUGING ITU APA?

Proses gouring ini berguna untuk memotong berbagai bahan metal, tetapi paling sering digunakan untuk memotong dan mencungkil aluminium, tembaga, besi, magnesium, dan karbon serta baja tahan karat yang sangat keras. Karena logam diterbangkan oleh pancaran udara, tidak perlu proses oksidasi. Proses ini berbeda dari operasi pemotongan plasma karena dalam pemotongan karbon udara digunakan busur terbuka yang tidak dibatasi, dan busur beroperasi secara terpisah dari pancaran udara.

Tekanan udara untuk jet biasanya bervariasi dari 60 hingga 100 psi (4-7 bar). Elektroda karbon dapat aus oleh oksidasi karena penumpukan panas. Ini dapat dikurangi dengan melapisi elektroda dengan tembaga.

Saat elektroda karbon yang diasah ditarik di sepanjang logam, busur terbentuk dan melelehkan logam. Air jet digunakan untuk menerbangkan material cair. Ini bisa berbahaya, karena bahan cair dapat tertiup dalam jarak yang cukup jauh. Prosesnya juga sangat bising. Pelelehan logam berlangsung cepat, dan bila dilakukan dengan benar, rongga setengah silinder yang halus akan tercipta.

Pencongkelan busur karbon, yang biasa disebut pencungkilan busur udara, sering dipilih untuk penghilangan material karena ini adalah proses portabel yang dapat dengan cepat menghilangkan banyak material. Terkadang pencongkelan diperlukan untuk menyelesaikan jenis las tertentu untuk desain sambungan las.

Mengikuti beberapa praktik terbaik Gouging dapat membantu meningkatkan efisiensi proses dan hasil yang Anda lihat.

KAPAN GOUGING DIGUNAKAN?

Teknik dan mesin Gouging diperlukan untuk banyak tugas yang berkaitan dengan pengelasan saat operator mencoba mengeluarkan material untuk membersihkan logam. Penggunaan gouging yang paling jelas adalah untuk menghilangkan sejumlah besar logam atau lasan yang perlu diperbaiki. Dalam kasus ini, Gouging jauh lebih cepat daripada menghapus bahan ini dengan roda gerinda, yang biasanya digunakan untuk menghilangkan cacat permukaan atau penguatan berlebih.

Proses ini seringkali merupakan langkah yang diperlukan dalam prosedur las untuk banyak las penetrasi penuh, yang sering digunakan untuk sambungan yang akan mengalami tegangan tinggi, seperti pada konstruksi struktural. Suatu prosedur mungkin memerlukan proses gouge untuk melepaskan backing baja, membakar tab las atau back gouge.

Pekerjaan pengecoran mungkin juga sering membutuhkan proses ini. Jika pengecoran memiliki cacat atau cacat, operator dapat mencungkil cacat tersebut kemudian mengisinya kembali dengan logam las.

GOUGING DALAM MODE CONSTANT VOLTAGE APAKAH BISA?

Tentu saja bisa. Gouging dalam mode tegangan konstan atau constant voltage (CV) akan menghasilkan profil penetrasi yang lebih dangkal yang lebih lebar dan lebih rata daripada teknik gouging dalam mode arus konstan atau constant current (CC). Meskipun proses constant voltage CV dapat memberikan kinerja yang memuaskan, sebagian besar industri lebih menyukai karakteristik busur dari proses constant current CC, yang memberikan konsistensi busur dan palung yang lebih dalam dan lebih bersih. Karena alasan ini, banyak sumber daya industri Miller® memiliki proses gouge CC khusus, yang mengoptimalkan busur untuk aplikasi gouge.

UKURAN ELEKTRODA UNTUK GOUGING APA SAJA?

Elektroda gouging tersedia dalam berbagai ukuran, jadi memahami kemampuan mesin Anda adalah kunci untuk menghindari penggunaan elektroda yang terlalu besar. Lembar spesifikasi atau manual pemilik untuk beberapa mesin akan menentukan rentang diameter elektroda yang dapat dijalankan dan mencantumkan ukuran elektroda maksimum yang dapat digunakan untuk Gouging busur karbon. Atau, sebagai praktik terbaik, dapatkan peringkat arus listrik dari produsen elektroda karbon.

Ukuran elektroda harus sekitar 1/8 inci lebih kecil dari lebar alur yang diinginkan. Kedalaman alur akan ditentukan oleh kecepatan perjalanan dan sudut perjalanan. Ingatlah bahwa kemampuan sumber daya Anda biasanya membatasi diameter elektroda maksimum Anda, tetapi Anda juga dapat melakukan beberapa lintasan untuk membuat alur yang lebih besar.

APA KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN ELEKTRODA DARI GEOMETRI YANG BERBEDA UNTUK TEKNIK GOUGING?

Elektroda silindris tipikal, juga dikenal sebagai elektroda runcing, paling baik untuk mencongkel serba guna. Elektroda datar bagus untuk mencapai permukaan rata, seperti dalam melepas tulangan las atau membuat alur persegi panjang. Elektroda bersambung memungkinkan ujung-ujungnya terhubung — menghilangkan kehilangan rintisan — dan elektroda berlubang memungkinkan peningkatan kecepatan perjalanan.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN JIKA SAYA MERASA SEPERTI MENUSUKKAN ELEKTRODA KE BENDA KERJA?

Jika Anda membuat kontak kuat ke benda kerja, itu berarti arus listrik Anda tidak cukup tinggi. Jika Anda menggunakan mode gouge khusus (CC), naikkan arus listrik. Jika Anda mencongkel dalam mode CV, naikkan voltase.

MENGAPA SAYA HARUS MENGGUNAKAN MESIN DENGAN PROSES GOUGING KHUSUS?

Gouging merupakan proses seperti pengelasan stick atau MIG. Sama seperti proses pengelasan tersebut, teknologi pada mesin las/generator yang digerakkan oleh mesin las inverter dan sumber daya pengelasan plug-in yang menyertakan mode pencongkelan telah menghasilkan kinerja pencongkelan yang dioptimalkan. Referensi manual pemilik untuk sumber daya Anda untuk menemukan pengaturan gouging, jika berlaku.

Mode gouge khusus memungkinkan operator untuk menjaga busur menyala lebih konsisten dan membuatnya lebih mudah untuk memanipulasi busur. Jika tidak, busur yang keluar dapat menyebabkan operator kesulitan.

Memilih mesin dengan proses gouging khusus dapat membantu memastikan Anda memiliki perlengkapan terbaik untuk memenuhi semua kebutuhan dan perbaikan pekerjaan yang tidak terduga. Hubungi: [email protected]

error: Alert: Content is protected!