Menampilkan hasil tunggal

Wire Cut EDM

BEDRA Wire Cut EDM

Electrical discharge machining (EDM), juga dikenal sebagai spark machining, spark eroding, die sinking, wire burning atau wire errosion, merupakan proses fabrikasi logam dengan menggunakan pelepasan listrik yang terkonsentrasi seperti sambaran petir (percikan atau sambaran). Material yang disambar percikan listrik ini kemudian terkikis dan menguap karena konsentrasi panas yang tinggi dan serangkaian pelepasan arus yang berulang dengan cepat antara dua elektroda, dipisahkan oleh cairan dielektrik dan material kerja.

Mekanisme potong logam dengan Electrical Discharge Machining (EDM) ini proses cutting yang dikendalikan arus listrik untuk menghilangkan logam dari benda kerja melalui penggunaan energi panas. Mesin pelepasan listrik secara erosi termal untuk menghilangkan potongan kecil logam konduktif dengan memanfaatkan pelepasan listrik antara alat pemotong, potongan yang sedang dikerjakan dan cairan dielektrik.

Ada dua jenis utama EDM: konvensional, atau tipe die-sinker, dan kawat, atau potong kawat. EDM konvensional, seperti dijelaskan di atas, menggunakan alat untuk mendispersikan arus listrik. Sebagai akibat dari cairan dielektrik, biasanya minyak hidrokarbon ke mana baik katoda dan benda kerja dibenamkan, serpihan kecil yang dihasilkan oleh proses terhanyut dari potongan. Kawat potong EDM (atau WCEDM) melepaskan arus listrik melalui kawat tipis yang kencang, yang bertindak sebagai katoda dan dipandu bersama jalur pemotongan yang diinginkan, atau garitan dipotong saat berlangsung, sekali lagi berfungsi untuk membawa partikel dan mengontrol percikan. Kawat tipis memungkinkan pemotongan presisi, dengan garitan berdiameter pemakanan material yang sempit sekitar ±381µm (~ Ø 0,015 inch). Secara rutin, dengan garitan yang lebih halus tersedia) dan toleransi ±2.54µm (± 0,0001 inch). Kemungkinan tingkat presisi bisa ditingkatkan untuk pemotongan tiga dimensi yang rumit, dan menghasilkan bentuk dies atau punch dies, cetakan mould, dan irisan strip yang sangat akurat.

Wire cut EDM (atau WCEDM) melepaskan arus listrik melalui kawat tipis yang dikaitkan dengan kencang dan berfungsi sebagai katoda dan dipandu di sepanjang jalur pemotongan yang diinginkan, atau garitan. Cairan dielektrik dalam kasus ini — biasanya air deionisasi — dialirkan melalui pemotongan saat berlangsung, sekali lagi berfungsi untuk membawa partikel dan mengontrol percikan api. Wire EDM merupakan jenis teknologi potong CNC yang mampu memberikan hasil yang sangat presisi.

Baik Peralatan EDM potong metode Die sinker maupun metode kawat dijalankan oleh instrumen komputer yang dikendalikan secara numerik (CNC). Namun umumnya hanya mesin EDM-wire yang dapat mengontrol kawat pada sumbu tiga hingga lima dimensi untuk memberikan fleksibilitas yang lebih besar. Pemotongan sederhana dilakukan dengan memvariasikan koordinat xy pemotong dengan pemotongan yang lebih kompleks dicapai dengan menambahkan sumbu gerak ke pemandu kawat. Sementara EDM konvensional tidak selalu dapat menghasilkan sudut yang sempit atau pola yang sangat rumit, presisi EDM kawat yang meningkat memungkinkan pola dan pemotongan yang rumit.

METALEXTRA menawarkan kawat yang paling cocok untuk semua Mesin Wire-EDM kawat. Kawat halus yang digunakan untuk produk mikro-elektronik atau di mana celah dan/atau radius benda kerja harus sangat kecil. BEDRA juga menawarkan Kawat berlapis yang dikombinasikan dengan generator modern dan teknologi pencocokan kabel ini dapat mengurangi waktu siklus sekaligus meningkatkan kualitas permukaan.

Produk gulungan set wire-EDM terbaik di Indonesia bisa dibeli di METALEXTRA.com. Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui email : sales@metalextra.com

error: Alert: Content is protected!