Menampilkan semua 12 hasil

Dalam industri pembuatan ulir fastener, Snei, Senai maupun Dies merupakan alat kerja yang digunakan untuk membuat ulir sekrup atau baut pada diameter luar dari suatu benda kerja. Pisau Senai ini biasanya dijual dalam bentuk set dengan kuantitas tertentu.

SENAI DAN DIES THREADING FUNGSINYA APA?

Threading merupakan proses membuat ulir ulir kuncian fastener. Lebih banyak ulir ulir diproduksi setiap tahun daripada elemen mesin lainnya. Ada banyak metode untuk menghasilkan ulir, termasuk metode subtraktif (banyak jenis pemotongan dan penggilingan ulir, seperti yang dijelaskan di bawah) metode deformatif atau transformatif (penggulungan dan pembentukan; pencetakan dan pengecoran); metode aditif (seperti pencetakan 3D); atau kombinasinya.

Proses pengerjaan ulir dengan Snei maupun Tapping juga  disebut dengan threading. Sedangkan, Tapping digunakan untuk memotong atau membentuk ulir diameter dalam atau bagian betina dari pasangan kawin fastener tersebut.

SENAI DAN DIES THREADING JENISNYA APA SAJA?

Secara umum, berdasarkan mekanismenya ada 3 jenis Dies atau senai yang bisa dibeli di pasaran, yaitu:

1. Adjustable Dies
Adjustable Dies merupakan unit pisau senai dengan diameter lingkar yang dapat disetel dan dikunci dengan sekrup pengencang. Adjustable dies atau pisau senai adjustabel ini bisa digunakan untuk memotong ulir thread eksternal tangan kanan, dan bsioa juga digunakan untuk membersihkan dan merawat ulir kanan luar.

2. Solid Dies
Solid Dies merupakan unit pisau senai dengan diameter yang ukurannya sudah fix tak bisa disetel. Solid dies menawarkan rigiditas dan ketahan vibrasi untuk menggerus material keras jadi bisa digunakan untuk memotong ulir thread eksternal tangan kanan baru maupun untuk membersihkan dan merawat ulir kanan luar.

3. Rolling Dies

Pembentukan ulir thread dengan metode Rolling atau tekan press penggulungan ulir, merupakan proses untuk membentuk, bukan memotong, ulir sekrup, dengan yang pertama mengacu pada pembuatan ulir internal dan yang terakhir ulir eksternal. Proses ini digunakan untuk proses produksi besar karena tingkat produksi tipikal sekitar satu potong per detik. 

Jenis rolling dies yaitu; flat diestwo-die cylindricalthree-die cylindrical, and planetary dies. Membentuk ulir sekrup dengan metode rolling dies ini tidak menghasilkan serpihan chips dan lebih sedikit material yang terbuang. Sisi pitch dan lembah sekrup juga menjadi lebih keras karena mekanisme press tersebut.

Namun dibutuhkan mesin dan ragum khusus agar logam yang merata nilai kekerasan permukaannya bisa menerima deformasi press rolling. Karena ukuran blank mulai lebih kecil daripada blank yang dibutuhkan untuk memotong ulir thread; biasanya ada 15 hingga 20% penghematan bahan di tempat kosong, berdasarkan berat.

HARGA SENAI DAN DIES THREADING BERAPA?

Metalextra menjual beragam perangkat pisau industri consumable beserta aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!