Menampilkan semua 3 hasil

Dalam pengerjaan pembuatan lubang pada material logam yang tipenya pelat maupun berongga seperti pipa alumunium dan pelat hollow maupun waffer dan berkisi-kisi seperti Heatsink, dibutuhkan cara tepat agar lubang menjadi presisi dan mampu awet dalam mendukung pemasangan ulir fastener atau aplikasi tapping.

FRICTION DRILL ITU FUNGSINYA APA?
Friction drilling dikenal juga dengan nama thermal drilling, flow drilling, form drilling, or friction stir drilling. Metode Bor Friksi menawarkan solusi metode pembuatan lubang atau pengeboran metode friksi yang menghasilkan panas tinggi pada titik logam tipis yang akan dilubangi. Lubang tersebut kemudian bisa digunakan untuk membuat ulir fastener sesuai dengan desain teknik yang dibutuhkan.

Metode bor Thermal friction drilling atau melubangi Friction drilling ini biasa digunakan pada industri pengolahan pipa, baja hollow atau tubes seperti: rangka sepeda, koil Heat exchange atau evaporator, dan untuk membuat lubang untuk memasang bantalan pada pelat.

FRICTION DRILL ITU CARA PAKAINYA BAGAIMANA?

Friction drill bisa menggunakan mesin bor dan mesin milling apapun dengan pelumas maupun tanpa pelumas. Karena kecepatan putarnya yang tinggi itu, materialnya didorong keluar dengan bantuan panas dari gesekan. Prosesnya disebut juga dengan thermal drilling, flow drilling, form drilling, atau friction stir drilling.

Anda harus membuat titik tumpuan terlebih dahulu agar mata bor tidak selip. Lalu pengeboran gesekan menggunakan mata bor kerucut yang terbuat dari bahan yang sangat tahan panas seperti Cemented Carbide. Pisau Flowdrill ini diputar dan ditekan ke bahan target dengan kecepatan rotasi tinggi dan tekanan tinggi. Dengan begitu, ada produksi panas lokal yang tinggi yang melunakkan objek , membuatnya menjadi plastik. Pisau kemudian “tenggelam” melalui benda, membuat lubang di dalamnya. Pelumas membantu mencegah benda kerja menempel pada mata bor. Tidak seperti pengeboran, bahan yang dialirkan tidak hilang tetapi membentuk selongsong di sekitar lubang. Panjang selongsong itu hingga 3 kali ketebalan asli bahan. Kehadiran bibir logam ini di sekitar tepi lubang membuat sambungan lebih kuat.

FRICTION DRILL VS TAPPING DRILL?

Pisau bor Friction Drill ini termasuk alat pemotong dengan kategori mirip “Countersink” yang menghilangkan “kerah” khas dari bahan plastis yang mengalir ke atas, sehingga hasilnya adalah permukaan atas yang rata. Lubang starter yang dibor dapat digunakan untuk mengurangi gaya aksial yang diperlukan Dan untuk meninggalkan hasil akhir yang halus di tepi bawah bushing.

Ulir sekrup internal dapat dipotong dengan keran atau digulung dengan cetakan. Ketebalan material yang meningkat memungkinkan koneksi pengikatan yang lebih kuat dengan mengetuk, mematri, menahan, atau mengelas.

KEUNGGULAN FRICTION DRILL?

  • Proses sangat cepat (2 hingga 6 detik)

  • Proses membentuk kembali semua material sehingga tidak ada material yang hilang, kelebihan material membentuk selongsong yang kira-kira 3 kali lebih panjang dari ketebalan asli material target, yang memungkinkan untuk membuat sambungan baut yang sangat kuat pada material yang tipis.

  • proses yang bersih karena tidak ada serasah (partikel) yang dihasilkan.

  • Tidak diperlukan akses ke bagian belakang benda kerja, seperti pada mur paku keling.

  • Bekerja di hampir semua jenis logam.

KELEMAHAN FRICTION DRILL?

  • Pengeboran gesekan tidak mungkin dilakukan pada material masif karena logam yang dipindahkan harus dapat mengalir ke suatu tempat. Ketebalan material maksimum biasanya setengah dari diameter lubang.

  • Bahan target harus mampu menahan panas tambahan.Bahan yang telah dicat, dilapisi plastik, galvanis, atau diberi perlakuan panas seringkali tidak cocok untuk proses ini.

  • Memerlukan kapasitas motor dan kecepatan putar yang lebih tinggi daripada bor konvensional.

HARGA FLOW DRILL ATAU FRICTION DRILL BERAPA?

Beberapa tipe geometri tersedia dengan teknologi friction drill ini. Kami menjual beragam produk pisau  industri untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan mulai dari pengeboran lubang, pelebaran diameter lubang, pemakanan material dari beragam axis dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami melalui email: [email protected]

error: Alert: Content is protected!