Menampilkan semua 14 hasil

CENTER DRILL ITU APA?

Center drill bit atau self centering drill bit merupakan jenis Mata Pisau Bor yang digunakan untuk membuat lubang awal dan lubang countersink berbentuk kerucut yang berfungsi sebagai tumpuan pada berbagai bahan tanpa perlu pilot seperti jenis bit lainnya. Mata bor center drill juga dikenal dengan nama pisau bor Slocombe, digunakan dalam pengerjaan logam untuk menyediakan lubang untuk membuat lekukan berbentuk kerucut di ujung benda kerja untuk memasang live center pusat di mesin bubut.

Mata bor bermata dua ini terbuat dari material High Speed Steel dan paduan baja kobalt yang berwarna hitam grafit, karbida padat, dan HSS standar dengan ujung pemotong karbida maupun telah dilapis coating Titanium berwarna emas maupun coklat.

KAPAN CENTER DRILL DIGUNAKAN?

Mata bor tengah atau center drill dimaksudkan untuk membuat lubang awal berbentuk kerucut untuk proses pembuatan “antar pusat” (biasanya pekerjaan bubut atau penggiling silinder). Artinya, mata bor tersebut menyediakan lokasi untuk titik tumpu pengeboran atau penandaan tail stock atau lathe center di mesin bubut. Sebuah benda kerja yang dimesin antar pusat dapat dengan aman dipindahkan dari satu proses (mungkin berputar dalam mesin bubut) dan diatur dalam proses selanjutnya (mungkin operasi penggilingan) dengan kerugian yang dapat diabaikan dalam koaksialitas fitur (biasanya indikator total ) pembacaan (TIR) ​​kurang dari 0,002 inci (0,05 mm); dan TIR <0,0001 inci (0,003 mm) diadakan dalam operasi penggilingan silinder, selama kondisinya benar).

KAPAN SPOTTING DRILL DIGUNAKAN?

Bagi teknisi milling dan bubut jaman dulu, untuk memulai lubang yang dibor secara tradisional memang familiar dengan mata bor Spotting drill atau dikenal juga dengan nama Pilot drill yang terbuat dari material baja berkecepatan tinggi (HSS). Spotting drill juga mampu digunakan pada operasional engraving dan pengukiran marking dengan mesin bubut atau milling.

Bor kecil Spotting drill ini bentuknya padat tanpa ulir, dirancang sangat kaku sehingga bisa digunakan dengan mendorong/menombak permukaan material awal. Ketebalan gagang maksimum memang bertujuan untuk mencegah bor spotting drill bergeser saat diputar bubut, sehingga lubang berakhir di tempat yang tepat.

SPOTTING DRILL ATAU CENTER DRILL?

Mata bor Center drill atau Pilot drill tradisional mungkin cenderung kurang presisi dan bergeser ketika pertama kali mencoba melubangi material pada permukaan yang tidak disiapkan. Setelah sedikit keluar jalur malah akan sulit untuk mengembalikannya ke tengah. Mata bor tengah atau center drill sering kali memberikan titik awal yang masuk akal karena bentuknya pendek dan mata ujung tombaknya tidak setajam Spotting drill oleh karena itu lebih pas saat pengeboran dimulai dengan kecepatan rendah.

Sebagian besar bit karbida padat modern tidak boleh digunakan bersama dengan mata bor titik atau Mata bor tengah atau center drill, karena bit karbida padat dirancang khusus untuk memulai lubangnya sendiri. Biasanya, pengeboran titik akan menyebabkan kegagalan prematur karbida padat mata bor dan kehilangan kualitas lubang tertentu. Jika dianggap perlu untuk melubangi lubang dengan mata bor titik atau tengah saat mata bor karbida padat digunakan, praktik terbaik adalah melakukannya setelah lubang dibor. diperlukan]

Ketika mengebor dengan bor tangan genggam, kelenturan mata bor bukanlah sumber utama ketidakakuratan, melainkan terletak pada tangan pengguna. Oleh karena itu, untuk operasi semacam itu, mata bor tipe center punch sering digunakan untuk melihat pusat lubang sebelum mengebor lubang pilot.

error: Alert: Content is protected!