Menampilkan hasil tunggal

Mesin finishing digunakan untuk menyelesaikan dan membersihkan permukaan bagian luar dan permukaan pada produk keras seelogam. Biasanya, Mesin finishing menggunakan bahan abrasif lepas, media jatuh, pelapisan, penggosok, atau pelapisan bubuk yang dikombinasikan dengan bahan pembersih. Mesin finishing logam digunakan untuk menyelesaikan permukaan bagian luar produk logam.

FINISHING JENISNYA APA SAJA?

Setelah material diolah dan dipotong sesuai spesifikasi, langkah selanjutnya yaitu menggunakan proses pembersihan dan penghalusan tahap terakhir dari proses fabrikasi logam. Tahap tersebut meliputi penggunaan mesin dalam finishing permukaan logam dan penggunaan mesin pembersih yang bisa melepaskan serpihan dan sisa debris atau debu dari permukaan material yang sudah diolah tersebut.

1. Mesin Finishing Barel / Barrel finishing

Mesin finishing barel, atau tumbler barel, terdiri dari drum berputar enam atau delapan sisi di mana logam dapat dibulatkan, dihaluskan, atau dirawat permukaannya. Bahan abrasif, media tumbler, dan bahan pelumas digunakan untuk menimbulkan gesekan pada drum tong dan meningkatkan keefektifan bahan abrasif.

Mesin finishing barel tersedia dalam dua jenis dasar: tumbler basah dan kering. Tumbler kering menggunakan proses vertikal yang dapat menangani bahan di semua tahap finishing, sementara tumbler basah memberikan laju pemotongan yang lebih lambat sehingga menghasilkan hasil akhir yang lebih halus, menjadikannya efisien untuk membuang kelebihan stok. Beberapa keuntungan finishing barel antara lain:

  • Peningkatan kekuatan produk

  • Pengurangan stres yang ditingkatkan

  • Kemampuan untuk memproses beban massal

  • Efektivitas biaya lebih tinggi daripada finishing tangan

  • Kemampuan untuk memadukan tempa dan coran

  • Finishing permukaan berkualitas tinggi

  • Mengurangi pengawasan dan kemudahan penggunaan yang lebih besar

2. Mesin Finishing Getaran / Vibratory finishing machines

Alih-alih menggunakan laras yang berputar, peralatan finishing getaran mengelilingi benda kerja dengan gerakan frekuensi tinggi yang dapat mencapai 1.700 getaran per detik. Proses ini memberikan kualitas permukaan yang halus dan sangat cocok untuk menerapkan penyelesaian pada produk dengan rongga yang dalam atau ceruk tubular. Air dapat digunakan sebagai media peredam karena menurunkan laju aksi pemotongan. Ini sangat berguna untuk operasi seperti memoles, di mana tingkat pemotongan harus minimal. Beberapa manfaat utama dari mesin finishing getaran meliputi:

  • Kemampuan untuk menyelesaikan produk yang rapuh, lunak, dan berukuran besar

  • Proses bongkar muat yang lebih sederhana

  • Kapasitas untuk pembersihan menyeluruh dan pewarnaan

  • Tingkat pemolesan yang lebih cepat

  • Berkurangnya potensi keausan media

  • Proses otomatisasi yang lebih mudah

3. Mesin Peledakan Abrasif / Abrasive blasting machine

Peledakan abrasif, atau shot sand-blasting pasir, mampu membersihkan dan menyelesaikan suatu produk secara bersamaan. Untuk mengolah material, mesin peledakan abrasif mengarahkan partikel kecil pasir, tembakan baja, atau pelet logam ke dalam substrat dengan kecepatan tinggi. Ukuran dan kecepatan partikel abrasif, sudut api, dan panjang siklus dapat sangat mempengaruhi hasil akhir.

Mesin blasting tekanan langsung membutuhkan lebih sedikit tekanan untuk memindahkan partikel, dan berguna untuk aplikasi dengan tingkat pengerasan dan pelengkungan kerja yang berkurang. Mesin siphon biasanya memungkinkan pembersihan lebih cepat, tetapi memiliki peluang lebih tinggi untuk menyebabkan pembengkokan produk yang tidak disengaja. Mesin peledakan roda menggunakan roda dengan gaya sentrifugal untuk mendorong bahan abrasif ke bagian-bagiannya alih-alih menggunakan udara terkompresi, yang menghemat biaya. Beberapa keuntungan menggunakan mesin abrasive blasting antara lain:

  • Mengurangi waktu pembersihan

  • Tidak perlu bahan pembersih kimia atau mekanis

  • Efektivitas biaya tinggi

  • Persyaratan pelatihan operator yang lebih rendah

  • Tingkat produktivitas tinggi

FINISHING FUNGSINYA APA?

Proses finishing dimaksudkan karena adanya tuntutan standar akurasi dimensi dan fungsi yang dibutuhkan sesuai dengan fungsi benda yang dimaksud. Proses finishing ini kualitasnya sangat tergantung dengan metode kerja dan mekanisme yang memberi logam tampilan atau hasil yang halus dan berbentuk baik. Media abrasif pasif seperti barrelling media mampu membantu dalam mencapai proses tersebut. Biasanya, hasil yang mulus ini dicapai dengan menggunakan bahan abrasif lepas, loose abrasives, tumbling media, plating, buffing, atau powder-coating dengan kombinasi senyawa buffing compound.

FINISHING & MESIN CLEANING HARGANYA BERAPA?

Metalextra menjual beragam alat kerja friksi abrasif dan mesin abrasif beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!